Sudah di Prediksi Awal Agustus Angka Kasus Covid-19 Riau Pada September Tembus di Atas 100 Per Hari

Minggu, 30 Agustus 2020 18:45
Sudah di Prediksi Awal Agustus Angka Kasus Covid-19 Riau Pada September Tembus di Atas 100 Per Hari
Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi – Foto: Melba / Bertuahpos

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Angka kasus konfirmasi Covid-19 di Riau tembus rata-rata 100 per hari, sudah diprediksi sejak awal Agustus 2020 lalu. Kini, perkiraan angka itu menjadi nyata, setelah terjadi penambahan kasus sebanyak 135 kasus Covid-19 di Riau, pada 30 Agustus 2020.

Prediksi ini telah disampaikan oleh Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi dalam konferensi pers, pada 6 Agustus 2020, lalu. Beberapa pertimbanganya memperkirakan angka kasus Covid-19 rata-rata 100 per hari pada September, yakni belum adanya kebijakan pemerintah yang mengikat terhadap disiplin penerapan protokol kesehatan.

Advertisement

Kedua, masih adanya beberapa momentup perayaan hari besar, yang sangat memungkinkan terjadinya penambahan kasus, serta adanya libur panjang. Namun faktanya, hari ini, perkiraan itu terjadi. “Jika kondisinya masih tetap seperti ini, maka tidak menutup kemungkinan angka kasus konfirmasi yang sangat tinggi akan kita hadapi pada September,” kata Indra Yovi, Minggu, 30 Agustus 2020 di Pekanbaru.

Pemerintah Kota Pekanbaru sudah mengeluarkan Peraturan Walikota terhadap pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat, sekitar minggu kedua agustus. Setiap orang di Pekanbaru yang kedapatan tidak mengenakan masker di luar rumah akan didenda sebesar Rp250 ribu, atau menjadi pekerja sosial selama sehari. Hadirnya aturan ini, sejauh ini belum memberikan efek untuk menekan angka kasus konfirmasi Covid-19 di Riau.

Baca: COVID-19 RIAU: 5 Sembuh, 1 Positif

Indra Yovi mengegaskan, jika tidak ada perubahan situasi maka angka kasus Covid-19 di Riau diperkirakan masih akan terus bertambah. Kondisi ini akan sangat berdampak terhadap kesiapan dan ketersediaan fasilitas medis, terutama terhadap ketersediaan ruang isolasi. Hingga kini, total jumlah ruang isolasi yang sudah dipakai sekitar 400. Hanya tinggal sekitar 300-an yang masih kosong dari total jumlah ruang isolasi sekira 700 lebih.

Dengan bertambahnya jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Riau sebanyak 135 kasus maka total jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Riau 1.740 kasus. Jumlah ini diperkirakan masih akan terus naik. (bpc2)