Pandemic Corona dan Klaim Syamsuar : Tenaga Medis Kita Tak Ada yang Meninggal

Senin, 08 Juni 2020 12:24
Pandemic Corona dan Klaim Syamsuar : Tenaga Medis Kita Tak Ada yang Meninggal

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau, Syamsuar mengklaim sebuah keberhasilan dalam penanganan COVID-19 di Riau oleh tenaga medis. Kondisi penyebaran pendemi corona di Riau dianggapnya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan daerah lain, terutama dari sisi penangan  oleh tenaga medis terhadap pasien-pasien yang terbaring RS rujukan pemerintah akibat virus itu.

Salah satu keberhasilan yang dia klaim, ialah hingga kini belum ada satupun tenaga medis di Riau yang meninggal dunia akibat COVID-19. “Kalau yang kena (terjangkit virus) ada. Tapi Alhamdulillah mereka semua bisa sembuh,” ujarnya, Senin, 08 Juni 2020 di Pekanbaru.

Advertisement

Syamsuar menyebut, semua itu berkat tangan-tangan terampil pada tenaga medis di Riau angka kesembuhan kasus positif COVID-19 di Riau meningkat drastis. Dari total 118 kasus positif, saat ini pasien yang masih dirawat jumlahnya di bawah 10 orang. Selebihnya sembuh dan kasus pasien meninggal dunia berhasil dipertahankan pada angka 6 orang saja.

Kondisi ini disebutnya telah mengantarkan Riau pada peringkat kedua secara nasional dalam penanganan COVID-19. “Posisi kita di bawah Aceh, dengan tingkat kesembuhan (pasien positif COVID-19) di atas 85%. Riau berada di peringkat kedua,” jelasnya.

Baca: Kantor Telkomsel Pekanbaru Terbakar, Seluruh Jaringan Mati

“Kami memberikan apresiasi tinggi kepada tenaga medis. Kami sadar, bahwa mereka (tenaga medis) telah mengabarkan (ibadah ritual) selama bulan Ramadhan, tidak merasakan bagaimana suka cita saat lebaran. Mereka selalu berada di rumah sakit untuk menangani pasien corona bagaimana supaya bisa sembuh. Keluarga-keluara mereka juga memberikan dukungan positif. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” kata Syamsuar. (bpc3)