Ar-Rajjal Unfuwah, Sang Penjual Aqidah Setelah Rasulullah Wafat

Senin, 08 Juni 2020 12:41
Ar-Rajjal Unfuwah, Sang Penjual Aqidah Setelah Rasulullah Wafat

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tak kala duduk bersama para sahabat, Rasulullah SAW pernah bersabda yang membuat sahabat ketakutan. Apa sabda Rasululllah?

“Sesunguhnya diantara kalian ada seseorang yang gigi gerahamnnya di neraka lebih besar dari Gunung Uhud.” (Saef bin Umar meriwayatkan dari Thulaihah dari Ikrimah dari Abu Hurairah).

Advertisement

Mendengar sabda Rasulullah, sahabat saling berpandangan dan ketakutan, jangan-jangan yang dimaksudkan Rasulullah adalah dirinya.

Waktu berlalu, dan para sahabat yang ada waktu Rasullah bersabda waktu meninggal dunia di jalan Fisabilillah. Sampai Rasul wafat, tersisa 2 orang saja, yakni Abu Hurairah, dan Ar-Rajjal Unfuwah.

Baca: Catatan Sejarah 2 Maret: Lahirnya Zainudin MZ, Dai Sejuta Umat

Setelah Rasulullah wafat, di daerah Yamamah muncul nabi palsu yang bernama Musailamah Al Kadzab. Khalifah Abu Bakar kemudian mengutus Ar-Rajjal Unfuwah untuk berdakwah dan menghentikan Musailamah. Dipilihnya Ar-Rajjal bukan tanpa sebab. Ar-Rajjal adalah seorang sahabat Rasulullah, dan ilmu agamanya sangat luas. Diharapkan Ar-Rajjal bisa menyadarkan Musailamah dan pengikutnya.

Namun, saat bertemu Musailamah sang nabi palsu, Ar-Rajjal malah bergabung dengannya, dan menjadi wakil Musailamah. Ar-Rajjal rela menukar aqidahnya hanya demi jabatan dan kekayaan.

Bergabungnya Ar-Rajjal dengan Musailamah membuat pengaruh sang nabi palsu bertambah. Apalagi, masyarakat awam yang hanya tahu bahwa Ar-Rajjal sahabat Rasulullah ketika hidup, meyakini juga bahwa Musailama benar-benar nabi.

Akhirnya, Musailamah dan Ar-Rajjal diperangi oleh Abu Bakar. Keduanya kemudian terbunuh dalam peperangan tersebut. (bpc2)

Sumber: Khutbah Jumat di Masjid Daarul Abrar, Pekanbaru, 2 November 2018