Muncul 29 Hotspot di Riau Hari Ini, Terbanyak di Inhil

Sabtu, 14 November 2020 10:57
Muncul 29 Hotspot di Riau Hari Ini, Terbanyak di Inhil
Ilustrasi titik panas melalaui pantauan satelit

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sebanyak 120 titik panas (hotspot) terdeteksi kemunculannya di Sumatera hari ini, Sabtu, 14 November 2020. Dari jumlah itu, muncul 29 hotspot di Riau hari ini, dengan sumbangan titik panas terbanyak terdapat di Kabupaten Indragiri Hilir atau Inhil.

Informasi ini berdasarkan update yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Stasiun Pekanbaru, pukul 06.00 WIB. Berdasarkan angka itu, maka terjadi peningkatan jumlah hotspot di Sumatera, termasuk di Riau.

Advertisement

Menurut Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna, kemunculan sebanyak 120 hotspot itu tersebar tidak hanya di Provinsi Riau saja, melainkan juga tersebar di tujuh provinsi lain di Sumatera.

Adapun sebaran hotspot terbanyak masih disumbangkan oleh Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah 47 titik. “Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan update hotspot sore kemarin, dimana provinsi ini menumbang sebanyak 45 titik,” katanya.

Baca: Soal Disiplin Protokol Kesehatan, Syamsuar Wacana Datangkan Pakar Perilaku, ‘PSBM Belum Efektif’

Sedangkan sebaran hotspot di Riau hari ini berada di posisi kedua terbanyak setelah Sumatera Selatan, yakni berjumlah 29 titik. Terjadi kenaikan jumlah hotspot signifikan di Riau jika dibandingkan dengan update sore kemarin hanya 19 titik.

Selanjutnya, di Provinsi Lampung dan Jambi terdeteksi kemunculan masing-masing 12 hotspot, Bengkulu sembilan, Sumatera Barat ada enam, Bangka Belitung empat dan Provinsi Kepulauan Riau muncul satu titik panas. 

Masih berdasarkan update BMKG Pekanbaru, bahwa 29 hotspot di Riau hari ini tersebar di enam kabupaten. Dimana kabupaten yang menyumbang jumlah titik panas tertinggi terdapat di Indragiri Hilir (Inhil) dengan jumlah delapan titik.

Selanjutnya Siak terdeteksi kemunculan tutuh titik, lalu Pelalawan ada enam titik, Bengkalis lima, Indragiri Hulu (Inhu) dua, dan Kampar satu titik panas terdeteksi.

Tambahan informasi lainnya, suhu udara di Riau hari ini secara umum berada pada kisaran 24-34 derajat celcius. Itu berarti cuaca di Riau hari ini cukup terik. 

Untuk tingkat kelembaban udara berada pada kisaran 55-95%. Sedangkan arah angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-36 kilometer per jam. (bpc2)