IDUL ADHA: 3 ‘Kandidat’ Sapi Kurban Jokowi untuk Riau

Rabu, 15 Juli 2020 10:35
IDUL ADHA: 3 ‘Kandidat’ Sapi Kurban Jokowi untuk Riau
Ilustrasi, net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Riau masih menunggu persetujuan dari Kementerian Pertanian untuk sumbangan sapi kurban dari Presiden Jokowi. Saat ini sudah ada 3 ekor sapi ‘kandidat’ sebagai sapi kurban Jokowi.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi sudah melakukan penjajakan sapi mana yang sesuai untuk bantuan kurban Jokowi pada Idul Adha 1441 H/2020.

Advertisement

“Kami sudah jajaki dan sekarang ada 3 ekor sapi yang kemungkinan bakal jadi kandidat sapi kurban Jokowi untuk Riau,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Rahmat Setiawan, Rabu, 15 Juli 2020.

Dari 3 ekor sapi itu nantinya akan dipilih 1 ekor sapi sebagai sumbangan sapi kurban Jokowi. Namun tahapannya memang harus menunggu persetujuan dari Kementan. Rahmat menjelaskan, tiga ekor sapi kandidat itu sebelumnya telah disurvei oleh Balai Veteriner Bukit Tinggi, Kementan RI, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi, serta Tim Dinas Pertanian Kota Pekanbaru langsung ke kandangnya.

Baca: Riau Siapkan 3 Pola Belajar di Masa Pandemi

Dan hasil survei itu, juga sudah mendapat persetujuan dari Balai Veteriner Bukit Tinggi. Adapun 3 ekor kandidat sapi kurban Jokowi itu berada di Pekanbaru.

Diantaranya, sapi milik Aprizal warga Jalan Purwodadi, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan. Kemudian, Agus warga Muara Fajar, Kecamatan Rumbai dan Rois, warga Jalan Pelita, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan.

“Ketiga sapi itu memiliki berat bervariasi, mulai dari bobot 779 kilogram hingga 820 kilogram, yang semuanya berumur 4 tahun. Kondisinya sehat. Jenis sapinya ada dari Ras Simental, Mix dan persilangan sapi Brahman dengan Angus,” jelasnya. (bpc2)