DLHK Pekanbaru Klaim Bertanggungjawab Soal Tumpukan Sampah, Warga Kecewa dengan Pengelolaan yang Tak Becus

Jumat, 08 Januari 2021 12:11
DLHK Pekanbaru Klaim Bertanggungjawab Soal Tumpukan Sampah, Warga Kecewa dengan Pengelolaan yang Tak Becus
Tumpukan sampah rumah tangga di Jalan Lili, Sukajadi, Pekanbaru. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Sampah masih menumpuk hampir di setiap sudut Kota di Pekanbaru. Situasi yang terjadi saat ini membuat warga merasa kecewa dengan pola pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemko Pekanbaru.

“[Terhadap tumpukan sampah] jelas kecewa dengan pola pengelolaannya. Tumpukan sampah di mana-mana. Ini bukti untuk mengelola sampah saja, Pemko tak becus,” kata Rivo Wijaya, warga yang berdomisili di Jalan Gotong Royong, Labuh Baru Timur, Pekanbaru mengutarakan kekesalannya, Jumat, 8 Januari 2021.

Advertisement

Dia bukan satu-satunya warga Pekanbaru yang menyesalkan kelalaian Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan [DLHK] Pekanbaru. Kekecewaan serupa juga diutarakan oleh Masri, warga yang berdomisili di Jalan Thamrin, Pekanbaru.

Menurutnya, kelalaian ini harusnya tidak terjadi, jika memang Pemko Pekanbaru komit dan serius dalam mengatasi persoalan sampah di kota ini. Tahun 2017, masih di masa kepemimpinan Walikota Firdaus, masalah tumpukan sampah juga pernah terjadi.

Baca: Istana Siak Kembali Ditutup, Imbas Positif COVID-19 Meningkat

Belum lagi, kebijakan-kebijakan [mengenai pengelolaan sampah] sebelumnya, banyak dikeluhkan oleh warga. “Ada banyak warga yang didenda karena mereka buang sampah di tong sampah, karena ada kebijakan tentang batasan waktu buang sampah oleh Pemko Pekanbaru,” jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan [DLHK] Kota Pekanbaru Agus Pramono mengatakan pihaknya bertanggungjawab terhadap tumpukan sampah di hampir setiap sudut kota.

“Kami sudah melakukan upaya-upaya penanganan menjelang lelang selesai. Kami juga sudah mengerahkan armada milik DLHK, dan menyewa beberapa armada lainnya untuk berangsur-angsur mengangkut tumpukan sampah itu,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan RT/RW agar menyampaikan kepada warga masing-masing untuk tidak membuah sampah sembarangan hingga menutup median jalan. (bpc2)

Berita Terkini

Minggu, 24 Januari 2021 15:31

Baznas Riau Tergetkan Pengumpulan Zakat 2021 Hingga Rp17 Miliar 

#Zakat #Baznas #Riau

Minggu, 24 Januari 2021 15:01

Madinah Dinobatkan WHO Sebagai Kota Sehat Dunia

#MADINAH

Minggu, 24 Januari 2021 13:43

Rp5,56 Triliun Digelontorkan BPDPKS untuk Peremajaan Sawit 2021

#ReplantingSawit #BPDPKS #Sawit

Minggu, 24 Januari 2021 12:30

Hasil Sensus 2020, Jumlah Penduduk di Riau Lebih Banyak Laki-laki Dibandingkan Perempuan

#SensusPenduduk2020 #BPSRiau #PendudukRiau

Minggu, 24 Januari 2021 11:30

Cek Harga Terbaru Mobil Daihatsu Sigra 2021

#DaihatsuSigra #Otomotif

Minggu, 24 Januari 2021 11:01

Sudirman, Panglima TNI yang Bergerilya dengan Satu Paru-Paru

#SUDIRMAN