COVID-19 : Berbatas Langsung dengan Sumut, Bisakah Rohil Betahan Sebagai Zona Hijau?

Senin, 01 Juni 2020 11:18
COVID-19 : Berbatas Langsung dengan Sumut, Bisakah Rohil Betahan Sebagai Zona Hijau?

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Salah satu kabupaten di Riau, Rokan Hilir, hingga kini masih berstatus sebagai zona hijau penyebaran COVID-19. Itu berdasarkan data yang dikemukakan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Riau.

Padahal daerah ini berbatasan langsung dengan Sumut, daerah yang diketahui angka positif COVID-19 cukup tinggi di Sumatera. 

Advertisement

Klaim Gubernur Riau Syamsuar bahwa Rohil nihil kasus setelah satu pasein positif corona dikonfirmasi sembuh beberapa waktu lalu, sudah sejak lama, bahkan sejak awal mula Riau direncanakan sebagai salah satu provinsi yang akan menerapkan new normal

Daerah ini menjadi pilot project kebijakan normal baru yang digagas pemerintah.

Baca: Data Kasus Corona Tak Lagi Diumumkan, Ini Alasannya

Bagaimana Rohil bisa bertahan dengan zona hijau?

Ini memang baru sebatas harapan. Kata Syamsuar, daerah harus optimis dengan itu dan provinsi akan memberikan dukungan. 

“Kami berharap kepada Rohil yang masih berstatus zona hijau COVID-19, untuk tetap mempertahankannya dengan patuh menerapkan protokol kesehatan,” katanya, saat mengunjungi daerah itu akhir pekan lalu.

Rasa khawatir pasti ada. Itu pula yang diungkapkan Syamsuar.

“Apalagi Rohil yang berbatasan langsung dengan Sumut yang masih berstatus zona merah Covid-19, selalu tetap waspada, patuh terapkan protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, dan jaga jarak atau hindari keramaian,” katanya.

Data sebaran COVID-19 di Rohil

Menurut data yang dikemukakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Riau, total jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) di Rohil  berjumlah 8.986. Dengan rincian sebanyak 7.610 sudah selesai dilakukan pemantauan dan 1.376 lainnya masih dalam proses pemantauan.

Sedangkan total jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di negeru berjuluk Seribu Kubah ini sebanyak 54 orang. Sudah pulang karena dinyatakan sembuh berjumlah 44 orang, dan masih ada 7 orang lainnya yang harus menjalani perawatan di rumah sakit rujukan pemerintah. 

Sementara angka kasus positif, yang masih dirawat, sembuh dan mengunggah dunia akibat COVID-19, nol (nihil). 

Menurut data yang disuguhkan oleh Pemprov Sumut dalam situs resminya, total jumlah kasus positif COVID-19 yang terkonfirmasi hingga 31 Mei 2020 sebanyak 409 kasus. 

Jumlah yang meninggal juga tidak sedikit yakni 41 orang, dan yang sudah sembuh baru 145 orang. (bpc3)