Antisipasi Peyebaran Covid-19, 3 Pelabuhan di Riau Masih Ditutup

Rabu, 17 Maret 2021 12:49
Antisipasi Peyebaran Covid-19, 3 Pelabuhan di Riau Masih Ditutup
Kapal penyeberangan di Pelabuhan Dumai. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau masih belum buka tiga pelabuhan di Riau sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. Belum dibukanya pelabuhan ini merupakan bentuk kewaspadaan pemerintah agar kasus terkonfirmasi virus corona tak kian merebak.

Adapun ketiga pelabuhan di Riau yang masih ditutup itu yakni; Pelabuhan Tanjung Harapan di Kota Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelabuhan Domestik Bandar Sri Junjungan Dumai di Kota Dumai, dan Pelabuhan Bandar Sri Laksamana di Kabupaten Bengkalis.

“Tiga Pelabuhan tersebut sampai sekarang juga masih belum dibuka oleh pemerintah kita. Kemudian kita juga belum terbuka untuk ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura,” kata Syamsuar, Selasa malam, 16 Maret 2021.

Dia mengungkapkan, pemerintah masih akan meninjau dengan berbagai pertimbangan untuk membuka pelabuhan tersebut. Jika memang kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau kian melandai, maka pemerintah kemungkinan besar akan membuka kembali pelabuhan tersebut sebagai salah satu akses masuk ke Riau melalui jalur laut.

Baca: Rekor Baru, 50 Orang di Riau Terkonfirmasi COVID-19 Hari Ini

BACA JUGA:  Selain Meranti, di Inhil Juga Ditemukan Cacing Pita dalam Sarden

Terkait hal ini, Syamsuar mengklaim sudah membicarakannya dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau Pujo Harinto.

“Saya bilang sebenarnya orang Malaysia sudah tidak sabar lagi ke sini (Riau), karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah kita hanya baru membuka pelabuhan khusus Pulau Sumatera yaitu pelabuhan yang ada di Medan,” ucapnya. (bpc2)