Ahli Epidemiologi Soal Satgas Perkantoran: Pegawai Demam Suruh Pulang Saja

Kamis, 20 Agustus 2020 12:30
Ahli Epidemiologi Soal Satgas Perkantoran: Pegawai Demam Suruh Pulang Saja
Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Riau dr Wildan Asfan Hasibuan MKes (Epid) – Foto: Melba / Bertuahpos.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ahli epidemiologi menyarankan agar setiap perkantoran di Riau, baik swasta ataupun pemerintah agar membentuk Satgas Kantor dalam rangka pencegangan dan penanganan Covid-19.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Riau dr Wildan Asfan Hasibuan MKes (Epid), menungkapkan keberadaan Stagas Kantor setidak memudahkan bagi lembaga untuk memantau penyebaran virus corona di tempat kerja masing-masing.

Advertisement

“Tidak perlu berbicara seberapa efektif keberadaan Satgas ini dalam penyebarannya wabah corona di perkantoran. Tapi setidaknya, kasus-kasus penularan diperkantoran bisa dipantau lebih dini dengan menggerakkan Satgas ini agar tidak bermunculan klaster-klaster perkantoran,” ungkapnya.

Dia menambahkan, setiap karyawan yang bergejala akan lebih mudah dipantau dengan adanya Satgas ini. Orang-orang yang sakit direkomendasikan untuk bekerja dari rumah, termasuk para karyawan yang memiliki riwayat penyakit membahayakan.

Baca: Panti Sosial di Riau Diminta Tetap Patuh Protokol Kesehatan

“Kalau ada karyawan yang baru pulang dari daerah terjangkit misalnya, mereka bisa diminta untuk tidak masuk kerja dulu. Bahkan kalau perlu di tes dulu. Dan tim Satgas ini bisa merespon setiap masalah yang berkaiatan dengan Covid-19 di kantor-kantor mereka,” jelasnya.

“Jadi kalau ada pegawai-pegawai yang demam, suruh pulang saja lah. Jangan lagi bekerja di kantor karena berpotensi membahayakan karyawan yang lain,” ujarnya.

(bpc2)