Apakah Puan Sindir Ganjar Pranowo? ‘Pemimpin Ideal di Lapangan, Bukan di Medsos’

Minggu, 23 Mei 2021 13:30
Apakah Puan Sindir Ganjar Pranowo? ‘Pemimpin Ideal di Lapangan, Bukan di Medsos’
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Ilustrasi/istimewa)

BERTUAHPOS,COM — Rapat konsolidasi Pilpres 2024 yang digelar Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, pada Sabtu, 22 Mei 2021 lalu, tidak terlihat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sejatinya dia juga merupakan kader PDIP.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani sempat melontarkan pernyataan yang menurut banyak pihak ucapan Puan Maharani ditujukan untuk Ganjar Pranowo.

Advertisement

Puan mengatakan bagaimana sosok pemimpin ideal.Menurutnya, pemimpin ideal bukanlah pemimpin yang eksis di media sosial. “Pemimpin menurut saya, itu adalah pemimpin yang memang ada di lapangan dan bukan di sosmed,” kata Puan seperti dikutip dari Antara, Minggu, 23 Mei 2021.

Puan memang tak menyebut pernyataan itu ditujukan kepada siapa. Dalam rapat tersebut, Ketua Bappilu DPP PDIP yang juga Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto juga sempat memberikan pidato. Pria yang akrab disapa Pacul ini membeberkan kriteria capres di 2024.

Baca: ‘Raja Minyak’ Ingatkan Demokrat Terkait Isu Kudeta, Bisa Ditinggalkan Pemilih

BACA JUGA:  KPU RI Perkirakan Pilpres 2024 Bulan Maret: Agar Presiden Terpilih Bisa Bahas APBN 2025

“Tiga kriteria itu diketahui setelah dilakukan penelusuran rekam jejak pada yang bersangkutan. Dari penelusuran rekam jejak akan diketahui tiga hal yaitu karakternya, kompetensinya, dan kapasitasnya,” kata Pacul.

Diketahui sejumlah kepala daerah seperti Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, dan Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu tampak hadir.

Berdasarkan susunan acara yang beredar di kalangan media tertulis jika undangan kegiatan pengarahan oleh Puan Maharani ditujukan kepada kepala daerah dan wakil kader se-Jateng kecuali gubernur.

Khusus tulisan “kecuali gubernur” diberi tanda kurung dan tidak ada keterangan dari struktur partai mengenai hal itu. Ganjar dalam beberapa survei memang menjadi Capres dengan elektabilitas tinggi. Ganjar disebut menjadi capres potensial di 2024 dalam beberapa survei tersebut. (bpc2)