Ahli Hukum Tata Negara Kritik Puan Maharani Soal Sumbar Dukung Pancasila

Jumat, 04 September 2020 14:17
Ahli Hukum Tata Negara Kritik Puan Maharani Soal Sumbar Dukung Pancasila
Lambang Negara

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ahli hukum tata negara Refly Harun mengkritik pernyataan Puan Maharani yang meminta Sumatera Barat mendukung Pancasila.

Menurutnya, Puan tidak sepantasnya benturkan rakyat Sumbar dengan Pancasila yang sejak awal sudah kental dengan religius. “Makin seseorang religius, maka semakin pancasilais,” ungkapnya.

Advertisement

“Dalam pernyataan Puan Maharani tersebut masih terkandung logika untuk mempertentangkan antara masyarakat religius dengan Pancasila,” ungkapnya melalui akun Youtube Refly Harun, yang ditulis CNN Indonesia, Jumat, 4 September 2020 lalu.

Dijelaskan, religius dengan Pancasila memiliki hubungan sangat dekat. Sikap religius tertuang dalam Sila Pertama; Ketuhanan yang Maha Esa. Hal ini sangat kuat kaitannya dengan sejarah hadirnya Pancasila.

Baca: Jokowi Minta Beli Produk Dalam Negeri, Said Didu: Syaratnya Rakyat Harus Punya Uang

Refly menilai Pancasila dan agama menjadi satu-kesatuan yang tak bisa dipisah, sehingga jika seseorang menjalankan Pancasila, maka akan menjalankan agamanya dengan baik. Begitu pula sebaliknya.

Sebelumnya Puan menyatakan harapannya agar Sumatera Barat menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila ketika mengumumkan bakal calon kepala daerah yang didukung PDIP di Pilkada Serentak 2020.

BACA:

Tokoh Minang Riau Alaidin Koto Respin Uacapan Puan Maharani

Soal Sumbar dan Pancasilais, Puan Maharani Dilapotkan ke Polisi

Gerindra Sumbar Klaim Punya Calon Lebih Pancasilais daripada PDI-P

“Untuk Provinsi Sumatera Barat, rekomendasi diberikan kepada Ir. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni. Merdeka! Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila,” kata Puan dalam acara yang digelar DPP PDIP secara virtual, Rabu, 2 September 2020. (bpc2)