Kadin Riau: Saya Maklum UU Cipta Kerja tidak 100% Berikan Kebahagiaan

Jumat, 28 Agustus 2020 05:30
Kadin Riau: Saya Maklum UU Cipta Kerja tidak 100% Berikan Kebahagiaan
Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Riau Iva Desman.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Riau Iva Desman mengungkapkan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja diharapkan menjawab masalah perekonomian Tanah Air di tengah pandemi Covid-19. Walau dia menyadari, keberadaan UU ini tidak sepenuhnya sesuai harapan banyak pihak.

“Saya maklum kalau UU Cipta Kerja nantinya tidak bisa memberikan 100% kebahagiaan ke semua pihak, namun paling tidak produk hukum ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi yang lebih seimbang bagi semua pihak,” kata Iva, Kamis, 27 Agustus 2020.

Advertisement

Dia mempertegas, bahwa gagasan UU Cipta Kerja sudah hadir jauh sebelum corona ada. Namun, di tengah ancaman krisis seperti ini, keberadaan UU ini menjadi salah satu solusi yang bisa diharapkan untuk pemulihan ekonomi.

Sebelum ini, masalah tumpang tindih regulasi investasi menjadi momok bagi industri dan investor. Di satu sisi investasi dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi ekonomi dan menekan angka pengangguran, namun di sisi lain, sulitnya regulasi membuat banyak investor memilih untuk mundur.

Baca: Minyak Sawit Indonesia Belum Bebas dari ‘Jajahan’ Eropa

“Ada banyak regulasi yang harus dihadapi oleh dunia usaha dalam investasi. Obesitas regulasi ini sudah pasti sangat menyulitkan ekonomi untuk bangkit. Di tambah dengan kondisi krisis seperti ini. Sulit untuk bergerak dan pulih kembali,” jelasnya. (bpc2)