Data Kasus Corona Tak Lagi Diumumkan, Ini Alasannya

Rabu, 22 Juli 2020 14:38
Data Kasus Corona Tak Lagi Diumumkan, Ini Alasannya
Ilustrasi, Net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Data kasus corona tidak lagi diumumkan secara verbal ke publik. Namun data tersebut tetap bisa diakses secara terbuka oleh publik melalui website.

Artinya, tak ada lagi pengumuman secara langsung yang biasa disaksikan di televisi atau live streaming. Pemerintah hanya menyajikan data tersebut laman website resmi pemerintah.

Advertisement

Pejabat baru Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan perihal itu sebagai klarifikasi atas sejumlah rumor yang menyebut bahwa pemerintah tak lagi mengumumkan pembaruan data kasus baru harian penularan virus Corona.

“Bukan tidak mengumumkan, datanya tetap ada, bisa dilihat oleh publik dengan baik, media juga bisa melihat seperti biasanya. Bedanya adalah disampaikan secara verbal oleh jubir atau tidak–itu saja,” kata Wiku dalam konferensi pers di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Rabu, 22 Juli 2020.

Baca: Jumlah Kasus Positif Covid-19 Indonesia Terus Meningkat

Data itu tidak lagi diumumkan secara verbal oleh juru bicara, karena dianggap ada hal yang lebih daripada itu untuk disampaikan kepada masyarakat. Publik dan pers tetap bisa mengetahui jumlah kasus yang terpapar COVID-19, hanya dengan mengakses laman yang sudah disediakan. (bpc2)