‘Ungko dan Siamang’ Hasil Sitaan di Rumah Pelaku Kriminal Masih Harus Jalani Perawatan Sebelum Dilepasliarkan

Rabu, 21 Oktober 2020 16:47
‘Ungko dan Siamang’ Hasil Sitaan di Rumah Pelaku Kriminal Masih Harus Jalani Perawatan Sebelum Dilepasliarkan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Masing-masing satu anakan primata ‘Ungko dan Siamang’ — sebelumnya hasil sitaan Polda Riau — kini sedang dalam masa perawatan. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerima anak hewan dilindungi itu dari Polda Riau pada 15 Oktober 2020.

“Mereka harus menjalani proses perawatan dan pemulihan sebelum benar-benar akan dilepas ke habitatnya,” kata Humas BKSDA Riau Dian Indriarti, Rabu, 21 Oktober 2020, dalam keterangan resminya.

Advertisement

Dian menjelaskan anakkan Ungko dan Siamang itu berhasil disita Polda Riau saat petugas melakukan penggeledahan di rumah salah seorang pelaku tindak pidana. Sejauh ini kondisi keduanya dalam kondisi baik. Sebelumnya ada benjolan besar di tubuh anak Ungko, namun sudah mulai mengecil.

Dijelaskan, tim medis BKSDA Riau terus melakukan pengecekan kondisi kesehatan keduanya secara berkala. Keduanya terlihat sangat lincah. “Akan kita lepas liarkan. Seiring memang kedua jenis primata itu adalah satwa dilindungi karena statusnya terancam punah di habitatnya yang berada di hutan Sumatera dan Semenanjung Malaysia,” tandasnya. 

Baca: Salju Hijau Selimuti Antartika, Ini Fenomena Apa?

BACA JUGA:  Gajah Betina Setengah Abad di Riau Ini Dievakuasi

Sebelumnya, kedua anakan Siamang — Symphanlangus syndactylus — dan anakan Ungko — Hylobates Agilis — dilarikan ke klinik satwa pada 19 Oktober 2020 lalu. Keduanya terlihat saling berpelukan. Keduanya diamankan oleh petugas Ditreskrimum Polda Riau saat operasi penggeledahan rumah salah seorang tersangka kriminal. 

Dokter dan petugas medis sudah melakukan pengecekan kesehatan terhadap anakan Ungko, sebelumnya. Menurut beberapa sumber, Siamang dan Ungko merupakan jenis primata yang dilindungi dengan status terancam punah. Keberadaan primata yang habitatnya bisa ditemui di kawasan Sumatera dan Semenanjung Malaysia. (bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 07 Mei 2021 15:40

Imam Masjid di Pekanbaru Tak akan Tuntut Pelaku Pemukulan

Pemukulan Imam Masjid

Jumat, 07 Mei 2021 14:18

Video Detik-Detik Pemukulan Imam Masjid di Pekanbaru

Pemukulan imam

Jumat, 07 Mei 2021 13:06

SKB 3 Menteri Soal Larangan Jilbab Siswa Batalkan MA

SKB 3 Menteri

Jumat, 07 Mei 2021 12:48

Total 1.175 Orang di Riau Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Corona, Riau, Kasus Covid-19

Jumat, 07 Mei 2021 12:23

Survei: Masyarakat Indonesia Makin Takut Berpendapat

Survei, Kebebasan Berpendapat

Jumat, 07 Mei 2021 12:06

Lemahnya Manajerial Bikin Tertinggal

Opini, LKPJ, Riau