Rasanya Pahit Sekali, Ini Khasiat Luar Biasa Bunga Pepaya untuk Kesehatan

Senin, 17 Februari 2020 08:46
Rasanya Pahit Sekali, Ini Khasiat Luar Biasa Bunga Pepaya untuk Kesehatan

BERTUAHPOS.COM – Selain buahnya, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan bunga pepaya sebagai bahan aneka masakan. Akan tetapi, berbeda dengan buahnya yang manis, bunga pepaya memiliki rasa yang pahit. Itu sebabnya, tak sedikit orang yang menghindari mengonsumsi bunga berwarna putih kehijauan ini.

Padahal, cukup banyak hidangan lezat yang bisa disajikan bersama bunga pepaya. Misalnya saja urap, tumis bunga pepaya, hingga bunga pepaya dicampurkan dengan ikan cakalang khas dari Manado.

Advertisement

Pohon pepaya banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman dengan nama ilmiah Carica papaya ini memiliki buah dengan rasa manis dan berwarna cerah. Buahnya pun mengandung sejumlah khasiat bila dikonsumsi.

Salah satu yang paling terkenal adalah manfaatnya untuk memperlancar pencernaan, sebagaimana dilansir dari klikdokter.com. Buah pepaya mengandung enzim yang disebut papain untuk membantu pencernaan. Pepaya juga kaya serat dan kadar air, sehingga bisa membantu mencegah sembelit.

Baca: LazizMu Gelar Baksos, Berikan Sembako dan School Kit Serta Pengobatan Grtais untuk Para Mustahik

Selanjutnya, kandungan serat, potasium, dan vitamin dalam pepaya juga dapat membantu menangkal penyakit jantung. Buah berwarna oranye ini berkhasiat juga untuk mencegah asma, kanker, menjaga kesehatan tulang, menjaga tekanan darah, sekaligus memelihara kadar gula darah.

Akan tetapi, tak hanya buah, daun pepaya juga banyak dimanfaatkan untuk sayuran. Daun dengan rasa pahit ini diketahui dapat mengatasi diare.

Salah satu penyebab dari diare adalah infeksi bakteri pada saluran pencernaan. Ekstrak dari daun pepaya memiliki efek antidiare dengan melawan bakteri-bakteri penyebab diare di saluran pencernaan, seperti E.coli, V.cholerae, dan juga P.shigelloides.

Ekstrak daun pepaya diketahui memiliki efek anti-inflamasi yang cukup kuat dan dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan akut dan kronik. Untuk mengatasi peradangan, biasanya ekstrak daun pepaya tersedia dalam bentuk salep atau gel yang dioleskan pada kulit.

Hasil penelitian yang dilansir dari Biomedical and Pharmacology Journal, ekstrak daun pepaya yang dioleskan pada lesi peradangan di kulit dapat mengurangi keparahannya hingga 50% hingga 80%.

Daun pepaya juga memiliki efek yang hampir sama dengan obat anti-inflamasi seperti natrium diklofenak. Kalau buah dan daun punya banyak manfaat, bagaimana dengan bunga pepaya?

Manfaat Bunga Pepaya bagi Tubuh

Seolah tidak mau kalah dengan buah dan daunnya, bunga pepaya juga punya banyak manfaat. Dilihat dari kandungan nutrisinya saja, bunga dengan rasa yang pahit ini kaya akan flavonoid dan antioksidan.

Seperti Anda tahu, keduanya sangat baik untuk dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit dalam tubuh.

Selain itu, bunga ini juga mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan folat dengan sifat antioksidan. Nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melihat beragamnya kandungan nutrisi di atas, jangan heran kalau ada banyak khasiat bunga pepaya bagi tubuh manusia. (bpc3)

Berita Terkini

Rabu, 02 Desember 2020 17:35

Jokowi, Antara Optimis dan Warning Covid-19

#jokowi #covid #corona

Rabu, 02 Desember 2020 16:39

Jubir Covid-19 Riau: Kami Sadar Ada Kejenuhan Masyarakat

#corona #covid-19

Rabu, 02 Desember 2020 15:30

Biaya Investasi di Indonesia Mahal

#investasi #biayainvestasi

Rabu, 02 Desember 2020 15:15

Kisah Nek Mitun yang Harus Tetap Bekerja di Usia Senja

#act #kemanusiaan #ekonomi

Rabu, 02 Desember 2020 14:30

Fojuri Gelar Diskusi Virtual ‘Tantangan Industri Asuransi di Masa Pandemi’

#asuransi #indrustrikeuangan #ojk

Rabu, 02 Desember 2020 14:19

Tekanan Ekonomi, Masyarakat akan Memilih Karena Uang?

#PILKADA

Rabu, 02 Desember 2020 13:45

4.000 Lebih Orang di Pekanbaru Positif HIV/AIDS

#haiv/aids #riau #pekanbaru