Tips Hidup Sehat Sederhana di Rumah Tanpa Modal

Selasa, 07 Juli 2020 11:55
Tips Hidup Sehat Sederhana di Rumah Tanpa Modal

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Tips hidup sehat itu sebenarnya sederhana. Asupan nutrisi pada tubuh memang sangat diperlukan agar kita terhindar dari berbagai penyakit. Terutama untuk mereka yang sudah ‘berumur’. Namun masalahnya, ada banyak orang yang tidak suka makan sayur, sehingga membuat asupan gizi sesuai yang dibutuhkan tubuh jadi tidak terpenuhi

“Kalau kita tidak sempat mengkonsumsi sayur dan buah, maka kita perlu suplemen. Atau jika ada aktivitas berlebihan, baru ditambah suplemen, biasanya vitamin C atau B komplek. Vitamin C lebih dianjurkan, karena meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau mengkonsumsi herbal ujung-ujungnya juga pada kadar yang terkandung di dalamnya. Namun itu lebih banyak sugesti yang berpengaruh besar,” papar dr Suwignyo, direksi RS Prima Pekanbaru saat berbincang dengan bertuahpos.com.

Kata dokter yang juga pengurus IDI Riau ini perilaku kita mengkonsumsi makanan tidak sehat, bisa menimbulkan penyakit. Hal ini lebih disebabkan rendahnya pemahaman masyarakat terhadap pola hidup sehat. Mengkonsumsi gorengan, gulai, jeroan, yang memiliki kadar lemak sangat tinggi dan secara berlebihan, akan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dan berdampak pada kardiovascular.

Advertisement

“Dengan diet karbohidrat (biasanya pada pengidap obesitas), penumpukan lemak dalam tubuh, akan dibongkar dengan metabolisme tubuh, walaupun tetap disertai aktivitas fisik. Tak perlu berat-berat, tapi rutin,” yakin lelaki yang juga aktif di BSMI Riau ini.

Tips Hidup Sehat Bisa Dilakukan di Rumah

dr Wignyo menjelaskan tips hidup sehat itu sederhana karena bisa dilakukan dimana saja tanpa harus keluar modal uang. Seperti, lari di tempat, senam, dan push up bisa dilakukan di rumah saja, dan itu bagian dari olahraga untuk membakar lemak tubuh.

Baca: Bentrok Pertama dengan City, Liverpool Bertekad Menangkan Community Shield

“Prinsipnya, berolahraga ada peningkatan nafas dan denyut nadi. Kalau berkebun, atau bersih-bersih di rumah karena sudah berkeringat disebut olahraga, indikatornya ketika sudah ada peningkatan frekuensi nafas atau terengah-engah, dan membutuhkan asupan oksigen lebih, dan biasanya disertai peningkatan denyut nadi, jantung berdegup cepat. Kalau pada orang yang sudah berumur ini harus dibatasi. Karena ada denyut nadi maksimal harus dijaga. Sedang pada anak muda tidak dipermasahkan kalau tidak ada penyakit bawaan,” tambahnya.

Hal kecil yang paling penting yakin Wignyo adalah aktivitas olah raga di rumah 1 minggu 3 x atau 30 menit, jika bicara ideal yang rutin dilakukan. “Kalau mau semangat, memang dengan komunitas. Seperti komunitas goes, sedang jalan santai bukan tidak olahraga tapi tidak maksimal untuk menggerakkan otot. Dengan memahami prinsip itu, tidak perlu rumit hidup sehat,” yakinnya. (bpc5)