Bikin Urut Dada, Karena Sakit, Ibu dan 2 Anaknya Makan Nasi dengan Kecap

Selasa, 26 Januari 2021 21:03
Bikin Urut Dada, Karena Sakit, Ibu dan 2 Anaknya Makan Nasi dengan Kecap

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kisah menyedihkan datang dari keluarga Sri Suryani, ibu rumah tangga berusia 50 tahun yang berdomisili di Jalan Meranti, Gang Panduan No. 3A, RT.04/RW.04, Kelurahan Labuhbaru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

Dia satu-satunya tulang punggung keluarga yang harus menghidupi kedua anaknya, setelah sang suami tiada karena meninggal dunia sejak tiga tahun silam.

Advertisement

Sehari-harinya ia bekerja sebagai pembantu rumah tangga dengan upah Rp700.000,- per bulannya, penghasilan yang ia kumpulkan gunakan memenuhi kebutuhan pokok serta kebutuhan pendidikan kedua anaknya.

Sejak satu setengah tahun lalu, Suryani menderita penyakit varises di kedua kakinya, menyebabkan dia tak bisa lagi bekerja.

Baca: PWI Riau Gelar Berbagai Kegiatan Sempena HPN 2021

“Pada awalnya, hanya sebelah kaki Ibu Suryani yang menderita varises, namun, tiga bulan kebelakang, penyakit ini menjalar ke kakinya yang lain, sejak saat itu ia tak mampu lagi bekerja karena tak kuat menahan rasa sakit yang ada di kedua kakinya,” ujarnya saat bercerita dengan Rizki, tim relawan dari Rumah Yatim yang ikut bersilaturrahmi kerumahnya, Selasa, 26 Januari 2021.

BACA JUGA:  Rumah Yatim Sebar Tim Ke Lokasi Bencana

Ketika penyakitnya kambuh, kaki Suryani bisa panas, pegal, memerah, bahkan membengkak. Suryani pun tak sanggup membiayai pengobatan penyakit yang ia derita.

Selama ini dia hanya menggunakan pengobatan sederhana seperti mengoleskan bawang putih dan minyak zaitun di bagian kakinya. Bahkan, mereka harus menahan selera dan sering makan nasi dengan kecap, karena memang kondisi ekonomi sangat sulit.

Rumah Yatim Cabang Riau menyalurkan bantuan untuk Sri Suryani dan keluarga, berupa bahan pokok, santunan peduli sesama, serta bantuan pendidikan beasiswa dhuafa untuk kedua anaknya.

“Karena sudah tidak bekerja lagi sejak sakit, keluarga ibu ini cukup kesulitan, hanya mengandalkan upah terakhirnya saja, sempat mereka hanya makan nasi dengan kecap saja karena keterbatasan,” terang Rizky, salah satu relawan Rumah Yatim yang ikut bersilaturahmi ke kediamanSuryani.

BACA JUGA:  Getir Kehidupan Kakek Syafri, Pedagang Asongan yang Harus Hidupi Istri dan Anak Gangguan Jiwa

Sementara ini, Evi Natalia, anak pertama Suryani kerap menggantikannya bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk membantu meringankan beban keluarga.

Namun, Evi masih duduk di bangku kelas dua SMP itu dihadapkan pada keterbatasan tenaga dan waktu yang ia punya karena kegiatannya untuk menuntaskan pendidikan. Sedangkan adik Evi, Wulandari, kini masih duduk di bangku kelas enam SD.

“Evi dan Wulandari bercita-cita ingin menjadi guru dan dokter, cita-cita mereka ini lah yang membuat mereka tetap tabah dan semangat dalam menghadapi kesulitan yang menimpa keluarga merekam,” kata Evi saat berbincang dengan Rizky.

Rumah Yatim memberikan bantuan peduli sesama dan bantuan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan keluarga Ibu Suryani serta untuk pendidikan Evi dan Wulandari. Bantuan ini pun disambut dengan tetesan air mata mereka yang menerimanya.

BACA JUGA:  Rumah Yatim Berikan Bantuan untuk Keluarga Syahira Wirman, Yatim Berprestasi Asal Riau

Suryani meneteskan air mata ketika tim relawan datang memberikan bantuan untuk keluarganya. “Terima kasihnya kepada Rumah Yatim dan donatur atas bantuan kepada keluarga saya,” ungkapnya.

#PejuangKebaikan Bantuan Kemanusiaan dan Pendidikan yang disalurkan Rumah Yatim pada hari ini bisa terlaksana karena sisihan donasi dari pada donatur. (bpc2)


Informasi penyaluran bantuan melalui rekening:

  • BCA 220 139 8888
  • Mandiri 1720 000 384 125 (An Yayasan Rumah Yatim Arrohman)

Berita Terkini

Jumat, 26 Februari 2021 13:11

Syukuri Nikmat dengan Berzakat

Allah melarang Rasulullan SAW menerima zakat Tsa’labah.

Jumat, 26 Februari 2021 12:39

BI Sebut Sawit Mampu Tahan Kontraksi Ekonomi Riau

Harga sawit mampu bertahan di tengah pandemi.

Jumat, 26 Februari 2021 12:09

IZI RIAU Bantu Biaya Pengobatan Bayi Penderita Jantung Bocor

Bayi ini bocor jantung sejak usia 2 bulan.

Jumat, 26 Februari 2021 12:03

Riau Minta Daerah Fokus Pengembangan Satu Destinasi Wisata

Fokus pada satu destinasi dan iven karena kondisi anggaran memang terbatas.

Jumat, 26 Februari 2021 11:39

Majlis Papua Tolak Investasi Miras

Investasi boleh, tapi yang baik-baik saja.

Jumat, 26 Februari 2021 11:01

Baru Dilantik, Adil: Meranti Zero Kasus Covid-19

“Untuk diketahui, bahwa Meranti zero, sangat bagus sekali”

Jumat, 26 Februari 2021 10:05

Kerasnya Umar Bin Khattab Menentang Minuman Khamar

Umar tak segan-segan untuk menghukumnya

Jumat, 26 Februari 2021 09:20

SBY Turun Gunung, Moeldoko Kaget: Saya Pikir Sudah Selesai

“Memang belum selesai di Demokrat? Saya pikir sudah selesai”

Jumat, 26 Februari 2021 09:12

Yuk Intip 5 Rekomendasi Sepatu Wanita Lokal Berikut Ini, Kualitasnya Dijamin

Rekomendasi sepatu wanita.

Jumat, 26 Februari 2021 08:31

Rumah Yatim Salurkan Bantuan untuk Mesjid Raudhatul Jannah

Mesjid ini sudah dibangun tahun 2013, namun terhenti akibat terkendala dana.