Sebaiknya Cuci Tangan Pakai Sabun Setelah Kamu Pegang Uang

Minggu, 15 November 2020 07:31
Sebaiknya Cuci Tangan Pakai Sabun Setelah Kamu Pegang Uang
Uang kertas. (Ilustrasi/Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Di tengah mewabahnya Corona (Covid-19) setiap dari kita diminta untuk selalu waspada agar tidak terpapar virus. Salah satunya dengan rutin cuci tangan pakai sabun, seperti anjuran pemerintah dalam mekanisme penerapan disiplin protokol kesehatan.

Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Riau Rozita menjelaskan, salah satu benda yang harus segera mencuci tangan setelah memegangnya adalah uang. 

Advertisement

“Uang salah satu benda yang sangat rawan terhadap penyebaran virus ini, sebab sudah pasti ada banyak orang yang memegang uang yang sama,” ungkapnya, Minggu, 15 November 2020 di Pekanbaru.

Dia menambahkan, beberapa kasus penularan Covid-19 diataranya terpapar dari benda-benda yang sering bersentuhan dengan publik, termasuk uang.

Baca: Haji Tahun Ini Hanya 1000 Orang, Dikarantina Setelah Selesai

Sementara, untuk menjaga sterilisitas pada uang sangat sulit, tidak seperti benda lain, seperti ganggang pintu atau pegangan tangga yang setiap saat bisa disemprot disinfektan.

Dia menambahkan, mencuci tangan pakai sabun dan air adalah cara terbaik untuk menghilangkan kuman di sebagian besar situasi. 

Jika sabun dan air tidak tersedia, Anda dapat menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Anda dapat mengetahui apakah pembersih mengandung setidaknya 60% alkohol dengan melihat label produk.

Mencuci tangan dapat menjaga kebersihan, menghentikan kuman di jalurnya, dan membatasi perpindahan bakteri, virus, serta kuman lainnya. 

“Memang, kita tidak bisa menjaga tangan kita untuk selalu bersih. Namun, penting untuk mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda ini,” sambungnya.

Dia menyarankan kepada masyarakat, dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini, sebaiknya menghindari transaksi secara tunai, atau menggunakan uang secara fisik. 

Salah satu cara terbaik, yakni bertransaksi secara non tunai, seperti debit, e-money, top up, dengan kartu kredit dan lain sebagainya. Hal ini penting diperhatikan, untuk meminimalisir sentuhan antara orang ke orang. 

Menurut sebuah penelitian, ditemukan ratusan mikroorganisme termasuk bakteri dan virus pada uang kertas. 

Ditambah lagi uang juga selalu beredar dan berpindah tangan, sehingga bakteri dan virus yang ada di dalamnya pun ikut meningkat. 

Oleh sebab itu, selalu cuci tangan pakai sabun setelah Anda memegang uang tunai untuk mengurangi risiko tertular penyakit. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 05 Desember 2020 17:22

Timnas U-16 Kembali TC di Sleman

#TIMNAS

Sabtu, 05 Desember 2020 15:32

Survei UI: Lulusan SMA Lebih Banyak Percaya Bahwa Covid-19 Konspirasi Elit Global

#konspirasi #covid #corona #survei #eliteglobal

Sabtu, 05 Desember 2020 14:01

Tahukah Kamu, Apa Kerajaan Islam Pertama di Riau?

#RIAU

Sabtu, 05 Desember 2020 12:32

Pemprov Riau Harusnya Konsentrasi pada Perbaikan Pertanian

#pangan #beras #gabah #ketahananpangan #riau