Cara Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan Muda

Senin, 06 Juli 2020 10:39
Cara Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan Muda

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Saat awal kehamilan, atau hamil muda, adalah waktu yang rentan. Maka, harus dijaga sebaik mungkin.

Lalu, bagaimana cara menjaga kehamilan muda sebaik mungkin?

Advertisement

Menurut dr. Fadhli Rizal Makarim dari Halodoc, ada beberapa tips sederhana menjaga kehamilan muda.

Pertama, atasi semua keluhan dan perubahan fisik sang bunda. Biasanya, saat kehamilan muda, sang bunda sering mengalami apa yang disebut morning sicknes, dengan gejala muntah.

Baca: Cara Segarkan Mata Lelah dengan Mudah

Keluhan lain adalah sering buang air kecil, mudah lelah, payudara nyeri, pusing, dan susah BAB. Juga, disertai keinginan makan sesuatu diluar kebiasaan, atau ngidam.

Nah, cara mengatasinya adalah memperbanyak istirahat dan juga minum air putih. Boleh juga diselingi dengan air jahe agar gejala morning sicknesnya berkurang.

Selain itu, ibu hamil muda juga harus mengurangi makan makanan yang digoreng, makanan pedas, atau minuman bersoda.

Porsi makan boleh sedikit, namun harus sering.

Selain itu, ibu hamil muda tidak boleh berdiri terlalu lama, atau tiba-tiba mengubah posisi. Jika terjadi gejala pusing, usahakan segera berbaring ke sebelah kiri.

Kemudian, ibu hamil muda juga jangan merokok, minum alkohol, ataupun minum kopi. Memang, ibu hamil masih boleh minum kopi, tapi harus dibatasi porsinya.

Ibu hamil muda juga harus bisa mengendalikan emosinya. Salah satu gejala hamil muda adalah emosi yang bisa tiba-tiba berubah, dari positif (semangat, gembira) bisa saja berubah negatif (sedih, cemas, gelisah).

Nah, emosi tersebut harus bisa dikendalikan. Ibu hamil muda harus menikmati semua proses kehamilannya.

Terakhir, harus sering-sering periksa ke dokter. Dengan demikian, semua hal yang tak diinginkan bisa dicegah lebih awal. (bpc4)