Bisa Hilang Pendengaran, Ini Bahaya Pakai Headset Berlebihan

Selasa, 14 Juli 2020 13:28
Bisa Hilang Pendengaran, Ini Bahaya Pakai Headset Berlebihan
Ilustrasi, net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARUHeadset tentulah bukan barang asing. Headset adalah alat pengukur suara dipasang telinga. Alat ini sering digunakan untuk mendengarkan musik, nelpon dan bahkan menonton film. Namun, tahukah kamu bahaya pakai headset jika terlalu sering. Bisa menimbukan efek buruk bagi kesehatan. Apalagi jika dipakai untuk mendengarkan suara dengan volume keras.

Efek samping ketika menggunakan headset terlalu keras adalah sulit mendengarkan suara, infeksi telinga dan gangguan pendengaran. Tingkat kebisingan suara ditentukan satu desibel. Sementara itu, ketika kita berada di lokasi gedung atau mendengarkan musik rock bisa mencapai kebisingan 100-200 desibel.

Advertisement

Anda disarankan tidak terlalu sering mendengarkan suara bising. Memang ketika menghindari dari suara berisik kita bisa menggunakan headset, tetapi terlalu berlebih dengan menggunakan headset dengan volume suara keras bisa menimbulkan masalah kesehatan. Sebagaimana dilansir dari alodokter, bahaya pakai headset berlebihan adalah:

1. Tinnitus

Baca: Liga Inggris: Gol Salah Menangkan Liverpool di Kandang Crystal Palace

Tinnitus adalah kondisi dimana kita mendengar suara berdengung dengan waktu yang lama maupun dengan waktu yang singkat. keseringan mendengarkan musik terlalu lama bisa mengakibatkan tinnitus. Tinnitus bisa tejadi penyakit yang parah ketika kita terlalu lama mendengarkan suara keras.

2. Gangguan Pendengaran

Ketika kita menggunakan headset terlalu lama dan dengan volume besar bisa terjadi gangguan pendengaran. gangguan pendengaran ini bisa bersifat sementara bahkan permanen. Hal ini dapat memmbuat telinga kita tidak bisa mendengarkan suara secara normal. Sedangkan gangguan pendengaran sementara, biasa berlangsung dengan singkat dan bisa sembuh dengan sendiri.

3. Hilanganya Pendengaran

Efek samping sering menggunakan headset bisa kehilangan pendengaran. Tanda-tandanya, tidak mendengarkan volume suara saat nonton film, mendengarkan musik, tidak jelas mendengar suara dan tidak memahami bicara orang lain. Jika sudah mengalami kehilangan pemdengaran Anda harus menggunakan alat bantu.

Tips Mendengarkan Musik dengan Headset

  • Gunakan volume dengan kurang dari 100. Makmisal hanya volume 60.
  • Hindari menggunakan headset lebih dari 1 jam.
  • Ketika kita menggunakan headset dengan lebih 1 jam istirahatkan setidaknya selama 5 menit setiap harinya.

Apabila Anda sering menggunakan headset mengalami keluhan seperti gangguan pendengaran, suara berdengung sebaiknya periksa ke dokter. (mg1/zz)