Hemat Budget, Ini Cara Sederhana Membuat Meja Belajar Sendiri untuk Anak

Jumat, 29 November 2019 18:35
Hemat Budget, Ini Cara Sederhana Membuat Meja Belajar Sendiri untuk Anak

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Setiap orang tua pastinya ingin memberikan sesuatu yang berguna dan berharga untuk buah hatinya, bukan? Banyak berbagai cara yang sering mereka lakukan untuk membuat anaknya senang.

Mulai dari mengajak anak liburan, jalan-jalan ke tempat yang baru, memberikan makanan favorit dan memberikan barang yang mereka sukai. Salah satu barang yang biasanya disukai oleh anak-anak adalah meja belajar.

Furniture satu ini bisa membuat anak-anak semakin bersemangat dalam belajar, terutama saat anak mulai memasuki TK. Ini pastinya akan membuat mereka semakin termotivasi untuk melakukan banyak hal dengan meja belajarnya, seperti belajar bergambar, menulis, menghitung dan mewarnai.

Sebagai orang tua yang baik tentunya kita harus mengajarkan buah hati kita dalam menulis dan menghitung dengan benar. Kini sudah tersedia banyak meja belajar dari berbagai desain yang menarik dan unik di pasaran.

Baca: Kontroversial Liverpool vs City, Pengamat: Wasit Inggris Belum Terbiasa VAR

Namun, harganya juga tentu saja mahal. Nah, bagaimana kalau kamu membuat meja belajar sendiri untuk si kecil? Hasilnya pun tentu tidak akan kalah menariknya? Dijamin anak kamu akan lebih tertarik dan menyukai hasil karya orang tuanya sendiri.

Biar kamu nggak bingung-bingung dalam membuat meja belajar. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana membuat meja belajar dari kayu yang bisa kamu coba untuk bikin meja belajar sendiri di rumah.

Bikin Konsep Meja Belajarnya Terlebih Dahulu

Sumber Foto: Pinterest.com

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah membuat konsep rancangannya terlebih dahulu. Konsep meja belajar seperti apa yang akan kamu inginkan? Setelah sudah ditentukan, kamu bisa menggunakan selembar kertas untuk membuat sketsa meja belajarnya. Dengan membuat metode satu ini, maka bisa memudahkan kamu dalam membuat meja belajar anak nantinya. Buatlah meja belajar dengan ukuran yang sesuai keinginan kamu.

Siapkan Berbagai Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Sumber Foto: Pinterest.com

Dalam pembuatan meja belajar, tentunya kamu membutuhkan peralatan dan bahan yang sangat penting. Peralatan dan bahan yang nantinya akan membantu kamu untuk membuat meja belajar adalah, sekrup, amplas kayu, bor, gergaji, penjepit dengan berbagai macam ukuran dan warna cat kayu yang sesuai dengan konsepnya. Jangan lupa gunakan masker saat sedang melakukan pengamplasan ataupun pengeboran agar debunya tidak terhirup oleh kamu, ya!

Setelah itu, Buat Bagian Dasarnya

Sumber Foto: Pinterest.com

Bagian dasar dari meja belajar kayu adalah bagian alas meja. Dalam membuat nya ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yakni menggunakan selembar papan kayu yang dimana dapat memudahkan kamu dalam membuat meja belajarnya. Untuk membuatnya kamu hanya perlu memotong papan kayu tersebut dengan ukuran yang telah kamu tentukan. Pilihlah papan kayu yang kuat. Sedangkan, cara keduanya kamu bisa memakai potongan kayu dengan ukuran dan bentuk yang sama. Lakukan juga pengamplasan agar kayu tersebut jadi lebih halus dan rata. Kalau kamu memakai potongan kayu satu ini, maka kamu bisa lebih hemat lagi dalam memakai kayu lapis

Buat Bagian untuk Bawah Meja

Sumber Foto: Pinterest.com

Bagian satu ini berguna untuk membantu menopang kaki-kaki pada meja supaya lebih kuat. Kamu hanya perlu mengukur pada bagian atas di dalam meja. Ukuran mejanya pun akan berbeda-beda semua tergantung dengan dimensi yang kamu buat. Setelah itu balik bagian atasnya. Potong dua buah kayu untuk digunakan bagian depan serta dua bagian buat sisi mejanya. Kemudian, gunakan sekrup agar bisa menjepit bagian kayu tersebut.

Potong Bagian Kaki Mejanya Lalu Rekatkan

Sumber Foto: Pinterest.com

Kalau sudah bikin bagian dasar dan bawah mejanya. Maka kamu lanjutkan dengan membuat empat bagian kaki meja. Ukurannya pun harus disamakan. Jika sudah, kamu bisa rekatkan kaki-kaki meja itu di bagian pojok sisi meja. Biasanya para tukang mebel suka menggunakan alat paku tembak kayu untuk merekatkan furniture. Karena harganya yang cukup mahal, maka kamu bisa menggunakan bahan alternatif lainnya, yakni lem kayu. Ini juga tak kalah kuatnya dengan paku. Setelah itu, pakai sekrup biar kaki-kaki meja tersebut lebih kuat untuk menopang beban pada atasnya. Lakukan cara ini di setiap kaki mejanya satu per satu. Kalau sudah selesai, maka kamu bisa check kembali kondisi meja tersebut.

Tahapan Finishing

Sumber Foto: Pinterest.com

Untuk tahapan terakhir, pilihlah cat dengan kualitas yang terbaik dan aman untuk kesehatan anak. Kamu bisa pilih jenis cat yang berbahan pelarut air. Karena jenis cat satu ini sangat mudah dan aman untuk diaplikasikan ke meja belajar anak. Hindari pemakaian cat yang berbahan pelarut seperti spiritus atau thinner. Sebab bahan cat tersebut kurang aman untuk anak-anak. Jenis cat ini juga memiliki aroma yang sangat menyengat dan bisa mengakibatkan efek kesehatan bagi anak kamu. Maka dari itu, pemilihan cat untuk meja belajar juga perlu kamu perhatikan baik-baik.

Nah itu dia, beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat meja belajar untuk anak yang hemat budget. Semoga informasi diatas ini bisa membantu kalian yang berencana membuat meja belajar buat anak kesayangannya.***

Berita Terkini

Kamis, 12 Desember 2019 12:34

Mengapa Wanita Mempunyai Lebih Dari Satu Warna Lipstik?

lipstik menjadi simbol keterbukaan dan rasa percaya diri wanita terhadap hal-hal baru

Kamis, 12 Desember 2019 12:26

Pindah ke Kantor Baru, RFB Pekanbaru Perlu Jaga Titipan Uang Investasi Lebih Aman

PT. Rifan Financindo Berjangka [RFB] Cabang Pekanbaru, pindah ke kantor baru

Kamis, 12 Desember 2019 11:42

Asal Usul Es Laksamana Mengamuk, Minuman Khas Riau

Dengan kesal, dia memotong-motong buah kuini tersebut.

Kamis, 12 Desember 2019 10:49

BNNP Riau Buka Lowongan Kerja, Berikut Formasinya

Pendaftaran dibuka hingga 13 Desember 2019.

Kamis, 12 Desember 2019 10:00

DPRD Riau Pertanyakan Kejelasan Pembagian Pajak PLTA Koto Panjang

DPRD Provinsi Riau mempertanyakan soal kejelasan pembagian pajak PLN UP PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar

Kamis, 12 Desember 2019 09:32

Catatan Sejarah 12 Desember: Gempa 7,8 SR Flores, Sebabkan Tsunami 36 Meter

2.100 meninggal dunia, 447 luka-luka, dan 500 lainnya dilaporkan hilang

Kamis, 12 Desember 2019 09:16

Inter dan Ajax Gugur, Ini Tim yang Lolos 16 Besar Liga Champions

Juara grup akan bertemu dengan runnerup grup.

Kamis, 12 Desember 2019 08:10

Mahasiswa Demonstrasi Tolak Kenaikan Iuran BPJS

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (UNRI)

Kamis, 12 Desember 2019 08:04

Cek Kondisi Cuaca di Riau Hari Ini Yuk…

BMKG Stasiun Pekanbaru memperkirakan sejumlah daerah di Riau hari ini, Kamis, 12 Desember 2019

Rabu, 11 Desember 2019 16:59

Pesta Narkoba Anak 17 Tahun, LPAI: Pemda Harus Konsisten Tangani Narkoba di Pekanbaru

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia [LPAI] Kota Pekanbaru prihatin dengan kasus