Di Kampung-kampung Hanya Jadi Tanaman Hias, Ini Hanya Sebagian Kecil Manfaat Teh Rosela

Jumat, 14 Februari 2020 17:02

BERTUAHPOS.COM – Tumbuhan rosela merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah ditemukan. Selain itu, tamanan Rosela juga mudah tumbuh. Sebab itu rosela hanya dijadikan sebagai tanaman yang menghiasi taman jika di kampung-kampung.

Informasi kesehatan dan gaya hidup lainnya ada di sini.

Tidak banyak orang yang sadar bahwa rosela mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Rosela bahkan bisa menjadi obat herbal untuk mencegah berbagai penyakit. Berikut ini hanya sebagian kecil manfaat tanaman rosela untuk kesehatan seperti dilansir dariĀ liputan6.com.

1. Mencegah Risiko Diabetes

Manfaat teh bunga rosella yang sudah terbukti secara ilmiah adalah kemampuannya membantu menjaga kadar gula darah. Penelitian ini dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan telah dipublikasi di Journal of the American College of Nutrition.

Baca: Sejarah Kebudayaan Islam: Kalah di Perang Uhud, Kekuatan Kaum Muslimin di Madinah Semakin Kuat

Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa konsumsi teh rosella dua kali sehari, selama 14 hari mampu menurunkan kadar gula darah puasa pada seseorang yang tergolong prediabetes.

Prediabetes berarti kadar gula darah yang dimiliki sudah di ambang batas normal. Dengan perubahan gaya hidup, olahraga rutin dan intervensi diet, teh rosella terbukti dapat menjadi tambahan opsi pengobatan alami untuk menjaga kadar gula darah tetap di kisaran normal.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya berpengaruh dalam mencegah diabetes, manfaat teh bunga rosella juga dapat menurunkan tekanan darah. Khasiat ini terbukti pada penelitian tahun 2015, di mana konsumsi rutin teh rosella dapat turut berperan menurunkan tekanan darah sistole maupun diastole seseorang.

Sebelumnya penelitian serupa pernah dilakukan tahun 2010. Dibandingkan dengan orang yang diberikan placebo atau minuman tanpa bahan tambahan apapun, orang yang mengonsumsi teh rosella tekanan darahnya dapat terjaga lebih normal.

Kamu bisa mendapatkan manfaat teh bunga rosella ini dengan mengonsumsinya selama 6 minggu jika kamu memiliki kecenderungan hipertensi.***

(bpc3)