Di Inhil Riau Banyak Jambu Air, Ini 4 Manfaatnya untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diare

Jumat, 27 Desember 2019 10:03
Di Inhil Riau Banyak Jambu Air, Ini 4 Manfaatnya untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diare

BERTUAHPOS.COM – Kabupaten Inhil merupakan salah satu daerah di Riau, di mana kondisi geografis daerahnya didominasi gambut.

Salah satu tanaman yang tumbuh subuh di sana yakni jambu air. Tapi jambu air yang hidup di sini didominasi rasa asam kecut, namun menyegarkan.

Advertisement

Tidak banyak yang tahu, bahwa ternyata jambu air menyimpan segung manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah ini mengandung nutrisi di dalamnya yang terdiri dari serat, potasium, myricerin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, flavoid, fenolik dan hexahydroxyflavone.

Baca: Ciri Khas Orang Kaya dan Bahagia

Banyaknya kandungan nutrisi ini yang membuat jambu air memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Pohon jambu air akan berbuah lebih banyak ketika musim hujan telah tiba.

Tidak hanya berwarna merah, jambu air juga memiliki beberapa warna seperti, putih dan hijau. Berikut tentang manfaat jambu air dari berbagai sumber:

Atasi Penyakit Diabetes

Manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi jambu air adalah dapat mengatasi penyakit diabetes. Sebenarnya tidak hanya buahnya saja, namun daunnya juga memiliki manfaat dalam mengontrol tekanan gula darah dalam tubuh manusia. Sangat dianjurkan bagi Anda penderita diabetes untuk mengonsumsi jambu air secara rutin.

Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Hampir semua orang menginginkan bentuk badan ideal. Beragam cara dilakukan untuk mendapat bentuk tubuh ideal. Anda juga dapat mengonsumsi jambu air untuk membuat berat badan tetap ideal. Sebab, jambu air memiliki kandungan mineral dan serat cukup tinggi. Sehingga keduanya akan membantu dalam memperlancar sistem pencernaan dan mendorong sisa makanan agar tak tertimbun di dalam tubuh.

Cegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke tergolong dalam penyakit berbahaya dan mampu mengancam nyawa seseorang. Dengan rajin mengonsumsi jambu air, penyakit berbahaya ini dapat dicegah. Hal tersebut karena jambu air mengandung vitamin C sehingga dapat menurunkan penyakit stroke. Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, vitamin C dengan kadar cukup tinggi, efektif dalam menurunkan risiko penyakit stroke.

Atasi Perut Kembung dan Diare

Kandungan air yang mencapai 93 persen serta serat dalam jambu air membuatnya dapat mengatasi masalah pencernaan. Jambu air juga sangat ampuh untuk mengobati diare. Mengalami masalah kesehatan seperti perut kembung dapat teratasi dengan mengonsumsi jambu air.

(bpc3)

Berita Terkini

Minggu, 09 Agustus 2020 08:16

Spesial 63 Tahun: Kerajaan Tertua di Indonesia Ada di Riau?

#KERAJAAN #TERTUA #KANDIS

Minggu, 09 Agustus 2020 07:23

Spesial 63 Tahun: Apa Itu Riau?

#63RIAU

Minggu, 09 Agustus 2020 05:58

Catatan Sejarah 9 Agustus: Bom Atom Nagasaki, 80 Ribu Tewas

#BOM #ATOM #NAGASAKI

Minggu, 09 Agustus 2020 05:21

Tol Permai Masih ‘Tersandung’ Masalah Ganti-rugi Lahan Jelang Peresmian

#TOLPERMAI #JALANTOL #TOLTRANSSUMATERA

Minggu, 09 Agustus 2020 01:54

Juventus Tunjuk Pirlo Sebagai Pelatih Utama

#PIRLO

Sabtu, 08 Agustus 2020 20:33

Resmi! Juventus Pecat Sarri

#SARRI

Sabtu, 08 Agustus 2020 17:45

Gempa 5,5 SR Guncang NTT Sore Ini

#GEMPA

Sabtu, 08 Agustus 2020 17:38

Malaysia Warning Riau Soal Aktivitas Nelayan di Perbatasan

#SELATMALAKA #NELAYAN #INDONESIA-MALAYSIA