Tentukan 1 Syawal, Kemenag Pantau Hilal di 88 Titik

Kamis, 06 Mei 2021 09:54
Tentukan 1 Syawal, Kemenag Pantau Hilal di 88 Titik

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kemenag akan menurunkan tim pemantau hilal (rukyatul hilal) di 88 titik di seluruh Indonesia.

Tim ini nantinya akan melaporkan hasil pengamatan mereka kepada majelis sidang isbat di Jakarta, Selasa 11 Mei 2021 nanti, atau 29 Ramadhan 1442 H.

Advertisement

Untuk di Jakarta, titik pengamatan hilal akan dilakukan di Gedung Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan sidang isbat penentuan Idulfitri 1442 H ini akan berlangsung seperti sidang isbat penentuan awal Ramadhan yang lalu.

Baca: Menpan-RB Usulkan ASN Terlibat Vaksin Ilegal Dipecat

BACA JUGA:  Kemenag Riau Diminta Himbau Masyarakat Tak Rayakan Natal dan Tahun Baru 2021

Sidang isbat penentuan Idulfitri ini akan dihadiri dan dipimpin langsung oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas, MUI, perwakilan ormas Islam, serta para duta besar negara sahabat.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas,” jelas Kamaruddin melalui setkab.go.id.

Sementara itu, Muhammadiyah sudah menentukan 1 Syawal 1442 H atau hari raya Idulfitri 2021 jatuh pada 13 Mei 2021. (bpc4)