Saat Harun al-Rasyid dan Charlemagne Membagi Dunia

Rabu, 03 Juni 2020 20:44
Saat Harun al-Rasyid dan Charlemagne Membagi Dunia

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Di abad ke-9, hanya ada dua raja yang menguasai dunia. Charlemagne di barat, dan Harun al-Rasyid di timur.

Charlemagne dianggap sebagai bapak pendiri Prancis dan Jerman. Lebih jauh, dia dianggap sebagai bapak pendiri Eropa.

Advertisement

Kekuasaan Charlemagne meliputi sebagian besar Eropa Barat. Di bagian timur, dia menguasai sebagian besar Italia. Di masanya, Eropa dipimpin oleh pemerintahan yang stabil.

Sementara, di timur, ada Harus al-Rasyid dengan kekuasaan dan budaya yang lebih tinggi. Wilayah kekuasaannya meliputi semua wilayah Timur Tengah saat ini, sebagaian Afrika Utara, hingga ke Asi Tengah.

Baca: Corona Berdampak ke Haji? Ini Kata Wapres Ma’ruf Amin

Sejarawan barat, Philip K Hitti dalam bukunya History of The Arabs menuliskan hubungan antara Charlemagne dan Harun al-Rasyid cukup baik. Keduanya disebutkan saling mengirimkan utusan dan hadiah.

Keduanya juga saling memanfaatkan untuk mempertahankan wilayahnya. Charlemagne memanfaatkan Harun sebagai aliansi untuk menghadapi kekuatan Bizantium yang bermusuhan dengannya.

Sementara itu, Harun memanfaatkan Charlemagne untuk membendung pengaruh Bani Umayyah yang berkembang pesat di Spanyol. (bpc2)