Persiapan Shalat Idul Adha, Mesjid An-Nur Siapkan 10 Alat Pengecek Suhu Tubuh

Rabu, 29 Juli 2020 17:42
Persiapan Shalat Idul Adha, Mesjid An-Nur Siapkan 10 Alat Pengecek Suhu Tubuh
Mesjid Raya An Nur Pekanbaru.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Setidaknya 10 alat pengecekan suhu tubuh — Thermogun — telah disediakan dalam rangka persiapan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 H / 2020 M, di Mesjid Raya An Nur, di Jalan Hang Tuah Pekanbaru.

Alat ini nantinya akan dipakai untuk melakukan pemantauan suhu tubuh setiap jemaah yang ingin melaksanakan Shalat Idul Adha di mesjid itu. Pengadaan alat ini menjadi tanggung jawab Pemprov Riau.

Advertisement

Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau H Zulkifli Syukur mengatakan, fokus pelaksanaan Shalat Idul Adha hanya di Mesjid An Nur. Biasanya pelaksanaan shalat id dilakukan pada 2 titik. Selain di mesjid itu, titik pelaksanaan ibadah itu juga dilakukan di halaman kantor Gubernur Riau.

Namun, akibat wabah corona, pelaksanaan ibadah Shalat Idul Adha hanya dilakukan di mesjid. Sedangkan kegiatan shalat di lapangan ditiadakan. “Pelaksanaan shalat di An Nur juga dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ungkapnya, Rabu, 29 Juli 2020.

Baca: Pemerintah Tunggu Sidang Isbat, Muhammadiyah Tentukan Idulfitri 1441 Hijriyah 24 Mei

Pemprov Riau sudah berkoordinasi dengan pengurus mesjid terhadap ketentuan-ketentuan pelaksanaan ibadah ini. Diantaranya, mengenaik waktu pelaksanaan ibadah yakni pada pukul 07.30 WIB. Jemaah diminta hadir 1 jam sebelum shalat di mulai. Pada pukul 07.20 WIB, pagar masuk mesjid sudah ditutup rapat.

Dia menambahkan, tahun ini jumlah jemaah yang akan mengikuti Shalat Idul Adha di An Nur juga dibatasi yakni hanya sekitar 600 jemaah, dengan rincian 500 jemaah di lantai atas dan 100 jemaah di lantai bawah, dari total kapasitas daya tampung mesjid sebanyak 2.500-3.000 jemaah. Hal ini terpaksa harus dilakukan untuk mencegah adanya aktivitas berkerumun di sekitar atau di dalam mesjid. (bpc2)