Penyaluran Zakat Perlu Manfaatkan Teknologi Digital

Selasa, 05 Januari 2021 07:32
Penyaluran Zakat Perlu Manfaatkan Teknologi Digital

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pengamat Ekonomi Syariah Irfan Syauqi Beik mengatakan penyaluran zakat di Tanah Air sudah selayaknya memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Hal ini menurutnya merupakan salah satu yang perlu dievaluasi dalam pencapaian zakat di Indonesia untuk tahun 2021.

“Sebenarnya evaluasi penyaluran ini perlu dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas program. Apa yang terjadi di 2020 itu sudah baik tetapi tentu kita ingin terus lebih baik, dengan memperluas pemanfaatan teknologi digital untuk penyaluran zakat,” kata dosen IPB University Departemen Ilmu Ekonomi Syariah itu, seperti dikutip dari Republika.co.id, Selasa, 5 Desember 2020.

Advertisement

Dia menambahakan, penting bagi pengelola zakat untuk membangun ekosistem pemberdayaan masyarakat secara lebih terintegrasi, misalnya pada program pemberdayaan ekonomi produktif. Dia menjelaskan, ekosistem pemberdayaan ekonomi dari hulu ke hilir perlu dibangun dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Dari mulai proses produksinya itu termonitor, lalu terintegrasi dengan aspek finansial agar bisa kita monitor,” ucapnya.

Baca: Infrastruktur Dapat Mengikis Laju Inflasi

Selain untuk membangun ekosistem, lanjut Irfan, teknologi digital juga harus digunakan untuk membantu memfasilitasi usaha mustahik agar mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Menurutnya, penyaluran zakat bukan hanya soal ketepatan sasaran, melainkan juga pengembangan dan proses integrasi.

“Filosofinya bukan hanya menyalurkan ke orang yang tepat, tetapi juga ada proses pemberdayaan, pembangunan, dan proses integrasi. Jadi tidak hanya menyalurkan lalu lepas, tetapi bagaimana membangun ekosistem, terlebih di dalam suasana pandemi. Di sinilah peran teknologi digital yang perlu ditingkatkan pada 2021,” ujarnya. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 20 Januari 2021 15:32

Apple Digugat, Telegram Diminta Dihapus dari App Store

#aplikasi #telegram apple

Rabu, 20 Januari 2021 14:34

Ini 10 Rumah Sakit di Riau Terbanyak Merawat Pasien Covid-19

#kesehatan #rumahsakit #regional

Rabu, 20 Januari 2021 13:31

Diduga Terjalin Komunikasi, KPK Dalami Keberadaan Harun Masiku dari Saudaranya

#HarunMasiku #KPK #Korupsi

Rabu, 20 Januari 2021 12:30

AS Yakin China Melakukan Genosida dan Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Muslim Uighur

#china #as #uighur #internasional

Rabu, 20 Januari 2021 11:56

Honda Kritisi Filipina Soal Impor Mobil

#otomotif #impor #filipina