Masyarakat Diminta Tidak Takbiran Keliling

Kamis, 30 Juli 2020 10:35
Masyarakat Diminta Tidak Takbiran Keliling
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Masyarakat di Riau, khususnya di Pekanbaru diminta untuk tidak menggelar pawai takbir, atau takbir keliling, pada malam Hari Raya Idul Adha 1441 H / 2020 M.

Wabah coronavirus hingga saat ini masih mewabah dan menyerang banyak warga di Riau. Beberapa waktu belakangan angka kenaikan kasus terkonfirmasi di Pekanbaru menanjak cukup signifikan.

Advertisement

Hal inilah yang menjadi alasan utama, kenapa masyarakat diminta untuk tidak melaksanakan takbis keliling pada malam Idul Adha tahun ini, Jumat, 31 Juli 2020.

“Imbauan ini untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19,” kata Kepala Biro Kesra Sekretariat daerah Riau Zulkifli Syukur.

Baca: Pakistan Lawan Corona dengan Zakat

Dia meminta pengertian warga agar pelaksanaan takbir hari raya cukup dilaksanakan di mesjid dan mushalla saja, tidak dilakukan dengan berkeliling seperti biasa.

Penyambutan Idul Adha kali ini setidaknya sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan penyambutan hari Raya Idul Fitri 2 bulan lalu.

Semua masyarakat berada dalam ketakutan yang tinggi akibat wabah corona. Bahkan shalat Id tidak dianjurkan di mesjid dan lapangan kerbuka.

pada Idul Adha tahun ini, kondisi seperti itu tidak lagi terhadi. Pemerintah memberi izin kepada umat muslim untuk melaksanakan shalat Idul Adha.

Namun untuk daerah di Riau yang masuk dalam zona merah wajib patuh pada protokol kesehatan.

Oleh sebab itu Zulkifli Syukur meminta agar imbauan tidak menggelar takbir keliling bisa dipatuhi. Cukup dilakukan dengan meramaikan mesjid. (bpc2)