Maafkanlah Orang yang Menyakitimu

Sabtu, 06 Juni 2020 12:47
Maafkanlah Orang yang Menyakitimu

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Untuk mencapai ketengangan dalam hidup, maka berilah maaf kepada orang yang menyakitimu. Memaafkan tidak akan merendahkan derajatmu, malah akan membuatnya semakin tinggi.

“Agar hidupmu diberi ketengangan, maka berilah maaf kepada orang yang menyakitimu. Selama hidup, tidak ada orang yang sempurna yang tidak pernah menyakiti orang lain,” terang khatib pada saat salat jumat di Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau, Jumat 19 Januari 2018.

“Karena itu, berilah maaf kepada orang yang sekiranya menyakitimu,” tambahnya.

Sang khatib melanjutkan bahwa memberi maaf tidak akan merendahkan harga diri atau mengurangi kehormatan. Justru, dengan sikap pemaaf itulah yang akan meninggikan harga diri dan menambah kehormatan.

Baca: Haruskah Membatalkan Salat karena Anak Menangis Saat Salat Jamaah?

“Tidak akan berkurang sedikitpun, apakah itu harga diri atau kehormatan karena memaafkan. Justru, harga diri dan kehormatan kita akan meningkat, baik di mata manusia ataupun di mata Allah SWT,” paparnya.

“Tirulah Nabi Yusuf as. Nabi Yusuf itu dibuang dan diperjualbelikan keluarganya. Tapi apa yang terjadi? Martabatnya ditinggikan Allah, dan Nabi Yusuf tetap memaafkan keluarganya,” tutup sang khatib. (bpc2)

Artikel ini adalah isi khutbah jumat di Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau, Jumat 19 Januari 2018