KAJIAN RAMADHAN: Persiapkan Bekal yang Cukup untuk Hari Kiamat

Sabtu, 01 Mei 2021 13:02
KAJIAN RAMADHAN: Persiapkan Bekal yang Cukup untuk Hari Kiamat
Shalat berjemaah. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Hari Kiamat itu pasti akan datang. Orang-orang yang beriman meyakininya sebagai sebuah keniscayaan. Datangnya Hari Kiamat bukan untuk ditakuti, sebab itu perlu persiapan cukup bagi kita sebagai persiapan diri menghadapi yaumul akhir.

Pakar Ilmu Al Quran KH Ahsin Sakho mengatakan, ketika Nabi ditanya oleh seorang sahabat mengenai kapan waktu pastinya kiamat itu, Nabi pun menjawab: Madza adatta laha? [Apa yang kamu persiapkan untuk menyongsong hari kiamat?]

Advertisement

Maka sahabat Nabi itu pun berkata ia tidak memiliki banyak bekal. Yang ia miliki hanyalah amalan sholat, zakat, dan ibadah-ibadah semacamnya. Namun demikian, “Hanya saja aku mencintai Allah dan Rasul-Nya,” tutur sahabat itu, seperti diceritakan kembali oleh Ahsin Sakho.

Lalau Nabi menjawab: Anta ma’an maa ahbabta [Engkau akan bersama dengan yang engkau cintai]. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Baca: Jangan Pernah Melalaikan Ibadah Kepada Allah

BACA JUGA:  Jaksa Limpahkan Berkas Perkara Korupsi Wabup Bengkalis ke Pengadilan

Seorang sahabat lain juga berkata ia mencintai Nabi dan para sahabat. Maka Nabi pun berkata ulang: Anta ma’an maa ahbabta. Dijelaskan seseorang akan dibangkitkan pada hari kiamat dengan orang atau apa pun yang ia cintai di dunia.

Begitu pun dengan mencintai Al Quran. KH Ahsin menjelaskan, seseorang yang selama hidupnya mencintai dan mengamalkan Al Quran, maka kelak di hari kiamat ia akan dibangkitkan dengan amalan Al Qurannya. (bpc2)