Hiduplah Sesukamu, Tapi Ingatlah Kematian

Minggu, 07 Juni 2020 21:21
Hiduplah Sesukamu, Tapi Ingatlah Kematian

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Hidup di dunia, manusia dipersilahkan untuk melakukan hal yang sesuka hatinya. Namun, yang selalu diingat adalah bahwa suatu saat manusia akan mati.

“Jibril mendatangiku lalu berkata, “Wahai Muhammad! Hiduplah sesukamu karena sesungguhnya kamu akan mati, cintailah siapa yang kamu suka karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya dan berbuatlah sesukamu karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya,” (Hadist riwayat Sahl bin Sa’d)

Advertisement

Dengan selalu mengingat kematian, maka apapun profesi dan pangkat seorang manusia, tak akan membuatnya merasa sombong, dan membuat hal-hal yang tak disukai Allah.

“Ingatlah, meskipun kita pejabat, meskipun kita rakyat jelata, pada akhirnya kita akan tetap mati. Meski kita orang kaya, meski kita kekurangan, tetap saja kita akan mati. Jadi, janganlah sombong hidup di dunia ini,” kata Ustaz Yurnalis.

Baca: Mesjid An-Nur Belum Gelar Salat Jumat

Ustaz Yurnalis juga mengajak agar selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Karena pada akhirnya, semua manusia akan kembali kepada Allah. (bpc2)

Artikel ini adalah isi khutbah jumat di Masjid Daarul Abrar, Pekanbaru, 12 Juli 2019