Cara Rasulullah SAW Berhari Raya di Idul Fitri

Kamis, 13 Mei 2021 07:30
Cara Rasulullah SAW Berhari Raya di Idul Fitri

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sudah menjadi budaya bagi umat muslim di Indonesia untuk mengisi hari raya Idul Fitri dengan bermaaf – maafan, saling bersilaturahmi satu sama lain dan semua orang terlihat berbahagia. Namun tahukah kita bagaimana cara Rasulullah SAW berhari Raya saat Idul Fitri?

Menurut beberapa riwayat, ada beberapa kegiatan yang dilakukan Rasulullah SAW dalam menyambut hari kemenangan ini. Salah satunya dengan membersihkan diri, mengenakan pakaian terbaik dan hal – hal lainya, yang sudah sepatutnya menjadi contoh bagi kita sebagai pengikutnya.

Advertisement

Berikut ini beberapa hal yang dilakukan Rasulullah dalam menyambut hari raya Idul Fitri:

Membersihkan Diri

Baca: Kebaikan Kecil yang Kita Lakukan akan Berdampak Besar

BACA JUGA:  Sejarah Peradaban Islam di Mesir

Rasulullah SAW sentiasa membersihkan diri dengan mandi sebelum shalat Id. Sunnah mandi yang dicontohkan Rasulullah, yakni mandi dengan basahan dan menutup aurat, bukan mandi telanjang.

Mengenakan Pakaian Terbaik

Mengenakan pakaian terbaik dan menutup aurat, lengan panjang, celana di atas mata kaki, berlapis kain, dan menutup kepala dengan sorban (lobe, dan lain sebagainya). Bukan pakaian “asal-asalan” seperti tidak memiliki adab. Pakaian ketaatan di dalam shalat sama seperti di luar shalat. Jika di dalam shalat kita tutup aurat, maka di luar shalat pun demikian.

Makan Sebelum Shalat Id

Sunnah makan sebelum shalat Ied. Adab makan dan minum yang dicontohkan Rasulullah adalah makan dan minum dengan tangan kanan sambil duduk atau jongkok. Tidak boleh makan dan minum dengan tangan kiri, terlebih lagi sambil berdiri atau sambil berjalan.

Dari Anas r.a. ia berkata, Nabi SAW., tidak keluar rumah pada Hari Raya Idul Fitri hingga makan beberapa butir kurma. (HR. Bukhari).

Bersiwak Sesudah Makan dan Ketika Berwudhu

BACA JUGA:  Manfaatkan Momentum Lebaran, Warga Harus Waspada Kejahatan Siber

Sunnah bersiwak sesudah makan dan ketika berwudhu. Sangat disunatkan bersih-bersih terutama bagian gusi, mulut, dan gigi dengan siwak. Terdapat 70 fadhilah dalam siwak.

Pakai Parfum yang Dianjurkan Islam

Sebelum shalat, sunnah menggunakan wewangian yang non alkohol.

Memilih Rute Jalan yang Berbeda Ketika Berangkat dan Pulang dari Tempat Shalat

Memilih rute jalan yang berbeda ketika saat berangkat dan pulang dari lapangan/masjid seusai shalat Ied. Hikmahnya agar dapat bertemu dengan orang yang berbeda dan menjalin silaturahmi dan bersalaman.

Itulah hal – hal yang dilakukan Rasulullah SAW saat berhari raya di Idul Fitri. Semoga kita semua senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin…

(bpc2)