Abu Bakar Ash-Shiddiq ra Sebut Jumat Hari yang Bersinar, Ini Penjelasan Al-Munawi

Jumat, 21 Agustus 2020 12:24
Abu Bakar Ash-Shiddiq ra Sebut Jumat Hari yang Bersinar, Ini Penjelasan Al-Munawi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Hari Jumat memiliki banyak keistimewaan. Keutamaannya banyak dijelaskan dalam buku-buku Islami.

Beberapa pakar dan ulama juga sudah banyak membuahkan karya-karya pemikiran mereka tentang keutamaan dan keistimewaan hari ini, salah satunya, Jumat disebut hari yang bersinar.

Advertisement

Hal ini diungkapkan sahabat Nabi, Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Asakir. ‘Tidak ada hari dan malam di sisi Allah SWT yang membandingi malam yang bercahaya dan hari yang bersinar.’

Menurut Al- Munawi, bercahaya yang dimaksud dalam hadis itu karena banyaknya malaikat, sedang mereka adalah cahaya-cahaya khususiyah, dan dengan penampakan yang khusus.

Baca: Jangan Merusak Diri dengan Narkoba

Dalam buku Panduan Amal Hari Jumat, A-Munawi menafsirkannya dengan sebutan Al-Azhar, karena hari itu menerangi pemiliknya di kala mereka berjalan dengan cahayanya di hari kiamat. Hal ini juga dikuatkan oleh Al-Hakim dari Abu Musa secara marfu’.

“Allah akan membangkitkan hari-hari pada hari kiamat sebagaimana tingkah haliyahnya. Dan Allah akan membangkitkan Jumat dengan bersinar dan menyinari pemiliknya. Mereka mengepungnya seperti pengantin yang ditunjukkan pada orang mulia.”

Disebutkan pula, bahwa hari ini adalah hari terbaik yang disinari Matahari. “Sebaik-baiknya hari yang Matahari terbit di dalamnya adalah hari Jumat,” bunyi hadis yang diriwayatkan oleh Al-Malik, Muslim, Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Hakim. (bpc2)