Turki Ajak Dunia Tolak Pencaplokan Tepi Barat Oleh Israel

Rabu, 20 Mei 2020 15:31

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah Turki mengajak masyarakat dunia menolak pencaplokan Tepi Barat oleh Israel. Tepi Barat adalah wilayah Palestina yang diduduki Israel sejak Perang Enam Hari tahun 1967.

“Pendudukan dan Pencaplokan Tepi Barat adalah kejahatan. Turki menolaknya, dan kami mengajak masyarakat dunia juga menolaknya,” ujar juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, dilansir dari CNN Indonesia, Rabu 20 Mei 2020.

Turki, lanjut Kalin, akan mendukung semua rencana yang menolak pendudukan dan pencaplokan Tepi Barat oleh Israel.

Di lain pihak, Amnesty International juga mengajak masyarakat dunia untuk menolak rencana Israel mencaplok Tepi Barat. Badan pengawas HAM internasional ini secara tegas mengatakan pembangunan pemukiman Israel di Tepi barat adalah perbuatan illegal dan melanggar hukum internasional.

Baca: Hari Ini, Kedutaan AS untuk Israel dibuka di Yerusalem

Pencaplokan Tepi Barat adalah rencana AS yang diumumkan Presiden Donald Trump sebagai rencana perdamaian Timur Tengah. Remcana ini juga disebut sebagai “Kesepakatan Abad Ini”.

Dalam rencana tersebut, AS mengakui Yerusalem adalah utuh milik Israel, dan tidak terbagi seperti saat ini. Kemudian, Palestina diakui sebagai negara kepulauan yang dihubungkan jembatan dan terowongan. (bpc2)