Terkena Musibah Bersama, Turki dan Yunani Lupakan Ketegangan

Sabtu, 31 Oktober 2020 14:48
Terkena Musibah Bersama, Turki dan Yunani Lupakan Ketegangan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Musibah gempa dan tsunami yang melanda Turki dan Yunani tampak membuat kedua negara melupakan ketegangannya.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dengan Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis saling mengucapkan belangsungkawa di twitter. Keduanya juga sepakat, saat ini adalah waktunya bagi mereka untuk saling bersatu.

Advertisement

“I just called President @RTErdogan to offer my condolences for the tragic loss of life from the earthquake that struck both our countries. Whatever our differences, these are times when our people need to stand together.

(Baru saja menelepon Presiden @RTErdogan dan menyampaikan duka cita kami untuk kehilangan tragis karena gempa dan tsunami yang melanda dua negara. Apapun perbedaan kita, ini adalah waktunya bagi rakyat dua negara untuk berdiri bersama),” tulis Kyriakos Mitsotakis di akun twitternya, @PrimeministerGR.

Baca: Corona Serang Singapura, Pria 66 Tahun Positif Terjangkit Virus Wuhan

Cuitan tersebut lantas dibalas Erdogan, yang juga menyampaikan rasa dukacitanya. Erdogan juga menyatakan Turki siap membantu Yunani.

“Thank you, Mr. Prime Minister.

I offer my condolences to all of Greece on behalf of myself and the Turkish people. Turkey, too, is always ready to help Greece heal its wounds.

That two neighbors show solidarity in difficult times is more valuable than many things in life.

(Terima kasih, Perdana Menteri

Saya juga mengucapkan belasungkawa untuk rakyat Yunani atas nama pribadi dan rakyat Turki.

Turki juga selalu siap menyembuhkan luka bencana ini. Dua negara menunjukkan solidaritas di saat-saat sulit lebih berharga dari apapun),” tulis Erdogan @RTErdogan.

Sebelumnya, Gempa dengan kekuatan 7,0 magnitudo mengguncang lepas pantai Aegean Turki dan utara Pulau Samos, Yunani, Jumat 30 Oktober 2020. Gempa kuat ini juga diserta tsunami kecil.

Wilayah kedua negara, Turki dan Yunani, turut terkena dampak gempa dan tsunami ini. Wilayah Turki dengan dampak terparah adalah Provinsi Izmir. Sementara, di Yunani daerah dengan dampak terparah adalah Samos.

Dikutip dari BBC, otoritas Turki menyebutkan sudah 20 orang warganya yang menjadi korban. Dua diantaranya tewas akibat hanyut terseret tsunami. Selain itu, 786 orang lainnya dilaporkan luka-luka.

Pemerintah Turki sendiri sudah mendirikan tenda pengungsian. Pencarian terus dilakukan untuk mencari korban yang masih terjebak reruntuhan bangunan.

Sementara, di Samos Yunani, dua orang dilaporkan tewas. Tsunami juga membanjir Samos.

Sebuah foto menampilkan bangunan tujub tingkat yang hancur, menunjukkan betapa dahsyatnya gempa ini. (bpc4)