Soal Covid-19, Presiden Brasil: Militer Tahu Semua Tentang Perang Kimia

Kamis, 06 Mei 2021 20:43
Soal Covid-19, Presiden Brasil: Militer Tahu Semua Tentang Perang Kimia
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (a24.com)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengeluarkan pernyataan sindiran yang diduga ditujukan ke China, terkait tingginya angka kasus penyebaran Covid-19. 

Dia mengatakan bahwa virus corona baru mungkin telah diternakkan di laboratorium lalu disebarkan, yang tujuannya tak lain untuk melakukan ‘perang biologis’.

Advertisement

“Ini adalah virus baru. Tak ada yang tahu apakah lahir dari laboratorium atau karena manusia memakan hewan yang tak seharusnya mereka makan. Tapi militer tahun semua tentang perang kimia, biologi dan radiologi. Ini mungkin perang baru? Saya sangat penasaran. PDB negara mana yang tumbuh paling banyak,” ungkapnya.

Meski tidak menyebutkan China secara spesifik, namun semua orang tahu bahwa Wuhan, China, adalah negara pertama virus ini menyebar dan satu-satunya ekonomi G20 yang tumbuh tahun lalu, dengan mencatatkan ekspansi 2,3%.

Baca: China Akui Korban Meninggal Akibat Corona di Wuhan Lebih 50% dari yang Dilaporkan

BACA JUGA:  Ekonomi yang Memanusiakan Manusia

CNN Indonesia melaporkan, Presiden Brasil Jair Bolsonaro memang dikenal sebagai figur yang tidak suka terhadap China. Bolsonaro dan lingkaran dalamnya memiliki sejarah komentar yang menghasut tentang China yang terkadang memperburuk hubungan dengan mitra dagang terbesar Brasil.

Pada bulan Maret, mantan menteri luar negeri negara itu yang juga koalisi Bolsonaro Ernesto Araujo, menyebut bahwa dia mengecam ‘Maois China’ dan rencananya untuk ‘menguasai dunia’.

Brasil menjadi negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak ketiga di dunia, dengan 14,9 juta kasus. Kasus di negara itu juga mulai meledak dengan hadirnya varian P1 yang lazim ditemukan i setidaknya enam negara bagian Brasil. Varian ini diklaim lebih ganas dan kebal vaksin dibandingkan varian Covid-19 biasa. (bpc2)