Microsoft Diminta Akuisisi TikTok, Begitu Usulan Trump

Senin, 03 Agustus 2020 16:44
Microsoft Diminta Akuisisi TikTok, Begitu Usulan Trump

BERTUAHPOS.COM — Microsoft diminta agar mengakuisisi TikTok. Presiden Donald Trump telah menyatakan dukungannya kepada perusahaan lokal AS sebagai syarat agar TiTok tidak hengkang dari negara itu

Trump memberi tenggat waktu hingga 45 hari kedepan, agar Microsoft bisa mencapai kesepakatan mengenai rencana akuisisi ini.

Advertisement

Reusters melaporkan, informasi ini diperoleh dari orang dalam di pemerintah. Adapun syarat baru tersebut menunjukkan perubahan pikiran Donald Trump soal keberadaan TikTok di Amerika.

Pekan lalu, Donald Trump menyatakan akan memblokir TikTok dengan perintah eksekutif. Sebab, klaimnya, TikTok mencuri data pribadi warga Amerika untuk kemudian disetorkan kepada Partai Komunis Cina.

Baca: Pendiri WhatsApp Serukan Hapus Akun Facebook

Beberapa opsi yang dianggap sebagai solusi yang muncul adalah melepas bisnis TikTok di Amerika kepada perusahaan lokal. Microsoft diminta agar mengakuisisi TikTok

Mengutip tempo.co, negosiasi — Microsoft dan ByteDance — sudah dilakukan pada akhir pekan lalu. Namun dikabarkan sempat belum mengdapat kesepakatan karena nilai akuisisinya sangat tinggi.

ByteDance tetap ingin memiliki saham minoritas. Buntunya negosiasi keduanya membuat Donald Trump menyatakan bahwa dia bisa memblokir TikTok akhir pekan kemarin.

Situasinya berubah ketika TikTok akhirnya sepakat untuk melepas bisnis TikTok ke Microsoft. Bagi Microsoft, hal ini akan memperkuat posisi mereka untuk berkompetisi dengan Facebook dan Twitter.

Selama ini, Microsoft hanya memiliki media sosial LinkedIn. Donald Trump tidak mempermasalahkan hal itu. (bpc2)