Mengapa China Dukung Palestina? Ini Analisis Pakar Hukum Internasional

Kamis, 20 Mei 2021 10:40
Mengapa China Dukung Palestina? Ini Analisis Pakar Hukum Internasional

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pakar Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), Prof Hikmahanto Juwana mengatakan ada alasan dibalik dukungan China kepada Palestina.

Menurut Hikmahanto, posisi China kini adalah seteru Amerika Serikat (AS), yang konsisten mendukung Israel.

Advertisement

China, sebagai seteru AS, tentu tidak ingin kalah, dan kemudian mendukung kemerdekaan Palestina.

“Kalau posisi China berbeda karena dua hal. Pertama, China memang saat ini sedang berseteru dengan AS,” kata Hikmahanto, dilansir dari detikcom, Kamis 20 Mei 2021.

Baca: Akhirnya Trump Akui Kemenangan Biden

Selain akan menunjukkan perbedaan mereka dengan AS, Hikmahanto mengatakan China mengharapkan simpati negara muslim dengan mendukung Palestina. Setidaknya, dalam masalah konflik di Uighur.

BACA JUGA:  Muhammadiyah Sayangkan Pernyataan Hendropriyono Soal Palestina

“Kemungkinan China ingin mendapat dukungan dari negara-negara Muslim. Sehingga dalam penanganan isu Uighur akan bisa memperoleh dukungan paling tidak, tidak akan diramaikan,” tambah dia.

Hikmahanto juga mengatakan agar rakyat Indonesia memercayakan kepada pemerintah untuk mengambil langkah penyelesaian konflik Israel-Palestina.

“Saat ini pemerintah melalui Ibu Menlu kan sedang berupaya agar ada gencatan senjata. Ini penting sehingga orang-orang sipil tidak berdosa tidak akan menjadi korban,” pungkasnya. (bpc4)