Indonesia Belum Bisa Lepas Masker

Minggu, 16 Mei 2021 13:30
Indonesia Belum Bisa Lepas Masker
Lepas masker. (Ilistrasi: Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Indonesia belum bisa lepas masker, dengan kata lain dianggap belum pantas untuk mengikuti ketentuan yang dibuat WHO terkait aturan melepas masker.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 sempat angkat bicara beberapa waktu lalu. Menegaskan aturan tersebut belum bisa diterapkan di Indonesia.

Advertisement

“Kita menghormati panduan yang dikeluarkan CDC Amerika. Namun demikian perlu diingat kondisi di Indonesia berbeda dengan kondisi di Amerika,” kata Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti sejumlah aturan terkait melepas masker usai vaksinasi Corona dosis kedua. Hal tersebut sebelumnya terjadi di Amerika Serikat.

Baca: Kim Jong-un Makin Ngotot Lawan AS?

BACA JUGA:  Rohul Zona Merah, Legislator Demokrat Riau: Pertama,  Kendalikan Kematian

Laporan Reuters, WHO mendesak setiap negara mempertimbangkan kondisi Corona di wilayahnya masing-masing sebelum menerapkan aturan serupa seperti di AS. Terutama, seberapa tinggi penularan lokal Covid-19.

Pakar darurat utama WHO Mike Ryan, dalam konferensi pers virtual, di Jenewa, mengungkapkan, negara yang ingin memberlakukan kebijakan ini harus lah dilakukan dalam konteks mempertimbangkan intensitas penularan Corona di daerah tersebut dan tingkat cakupan vaksinasi.

Selain Amerika Serikat, beberapa negara lainnya sudah lebih dulu melepas masker dan tidak lagi menjaga jarak. Salah satunya Selandia Baru.

Negara tersebut dinilai sukses menekan kasus Corona lantaran memperketat lockdown hingga menutup perbatasan. Begitu pula dengan China, 

Mereka mengklaim tak ada lagi penularan kasus Corona lokal, dan festival musik di Wuhan bahkan sudah kembali digelar, melibatkan 11 ribu orang.

Lalu, Australia yang mencatat nol kasus penularan Corona usai menerapkan kebijakan lockdown. Kini warganya hanya wajib memakai masker di transportasi umum. (bpc2)