India Kerahkan Kapal Perang ke Laun China Selatan Buntut Pertikaian Perbatasan

Senin, 31 Agustus 2020 08:31
India Kerahkan Kapal Perang ke Laun China Selatan Buntut Pertikaian Perbatasan
KAPAL tempur USS Montgomery (LCS 8) melakukan operasi rutin di dekat wilayah Capella Barat, Laut China Selatan pada 7 Mei 2020. Foto: US Navy via Bussines Insider

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — India mengerahkan kapal perang ke Laut China Selatan. Tindakan ini dikabarkan sebagai buntut bentrok antara militer India dan China di Lembah Galwan, Ladakh Timur pada pertengahan Juli 2020 lalu.

Asia News Internasional (ANI)melaporkan NDTV menuliskan langkah itu menimbulkan sikap tidak senang dari China, dan telah mengajukan sikap keberatan. Pertemuan kedua negara ini terhadap bentrokan di Lembah Galwan masih berlangsung.

Advertisement

“Seperti diketahui di wilayah itu Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China menolak kehadiran kekuatan lain yang mengklaim mayoritas perairan sebagai bagian dari wilayahnya,” ujar salah satu sumber pemerintah kepada ANI.

Pengerahan kapal perang India ke Laut China Selatan memiliki dampak kepada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China. 

Baca: Hizbullah dan Tentaranya Terlibat Baku Tembak, Israel Siaga

Sebab, mereka menginginkan agar dialog terkait Lembah Galwan dikedepankan, bukan malah mengirim kapal perang ke perairan tersebut.

Selama di Laut China Selatan, AL India berkomunikasi intens dengan AL Amerika Serikat yang mengerahkan kapal perusak dan fregat ke Laut China Selatan. 

Sebagai bagian dari latihan rutin, kapal perang India terus memperbarui status pergerakan kapal militer negara lain di kawasan tersebut.

 Sang sumber mengatakan misi dilakukan dengan sangat diam-diam agar terhindar dari sorotan publik ihwal aktivitas AL India.

Pada waktu yang sama, AL India telah mengerahkan kapal di sepanjang Selat Malaka, dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nicobar. 

Itu merupakan rute AL China memasuki wilayah Samudera Hindia untuk mengawasi aktivitas apapun. Sejumlah kapal China juga melewati Selat Malaka sambil kembali dengan membawa minyak atau mengambil kiriman produk menuju benua lain. (bpc2)