China Marah ‘Diintip’ Latihan Perang

Rabu, 26 Agustus 2020 19:17
China Marah ‘Diintip’ Latihan Perang

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — China marah ‘diintip’ latihan perang, dengan melayangkan protes keras ke AS karena kirim jet pengintai U-2, terbang tanpa izin di zona larangan di wilayah tempat militer China latihan.

Jubir Kementerian Pertahanan China Wu Qian mengatakan hal itu. Tindakan yang dilakukan AS dianggap sebagai provokasi. “Kami menentang dan sudah mengeluarkan pernyataan serius ke AS,” ungkapnya.

Advertisement

Qian menyebut apa yang dilakukan AS sangat mengganggu, dan telah melanggar kode perilaku untuk udara dan laut antara AS, China dan hukum Internasional. Hal ini berpotensi salah persepsi, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan di laut dan udara.

Mengutip South China Morning Post Rabu, 26 Agustus 2020. Ada dua persepsi yang beredar mengenail siapa yang ‘nakal’ mengincai tentara China latihan perang. Ada sumber yang melaporkan bahwa pesawat pengintai itu dikirim oleh Korea Selatan.

Baca: Inilah 2 Isu yang Tidak Bisa Lepas Dari Riau, Gubri Akui Itu

Lembaga Pemikir South China Sea Probing Initiative mengungkapkan bahwa pesawat yang melintas adalah jet pengintai angkatan udara AS RC-135S. Mereka memperkirakan pesawat itu sedang dalam transfer, bukan misi pengintaian.

Latihan perang saat itu tengah dilakukan di perairan lepas pantai timur laut China, yang membentang dari Teluk Bohai hingga Laut Kuning. Sementara itu dalam sebuah pernyataan, militer AS mengatakan penerbangan U-2 sat itu telah sesuai dengan aturan dan regulasi internasional. (bpc2)