Catatan Sejarah 15 Mei: Perang Arab-Israel, Awal Bencana Palestina

Sabtu, 15 Mei 2021 05:00
Catatan Sejarah 15 Mei: Perang Arab-Israel, Awal Bencana Palestina

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tahun 1947, PBB berniat membagi wilayah yang sebelumnya menjadi mandat Britania Raya atas Palestina. Rencana ini langsung ditentang oleh negara-negara muslim dan juga negara Timur Tengah.

Meski demikian, rencana ini tetap dijalankan oleh PBB. Yahudi, yang populasinya hanya 30 persen, mendapatkan 55 persen wilayah Palestina. Sisanya baru diserahkan kepada Palestina.

Advertisement

Sementara itu, Kota Yerusalem yang merupakan kota suci bagi 3 agama, yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi, akan dijadikan kota internasional.

Kaum Yahudi kemudian memproklamirkan berdirinya negara Israel pada 14 Mei 1948. Keesokan harinya, negara Israel yang baru berdiri ini diserang pasukan negara Arab.

Baca: Panglima ISIS Tewas di Tangan Militer Afghanistan

BACA JUGA:  Joe Biden Siap Rundingkan Israel-Palestina, Ini Langkah Politik yang Dibatasi Trump

Perang berlangsung sampai 10 Juni 1948. Dalam perang ini, pasukan Israel berhasil menahan pasukan Arab, dan memenangkan pertempuran.

Akibatnya, Israel kemudian mencaplok 70 persen tanah Palestina menjadi miliknya. Pencaplokan ini menyebabkan banyak warga Palestina yang terusir dari tanahnya sendiri, yang kemudian disebut awal bencana, dari berbagai sumber. (bpc4)