Bersitegang dengan Yunani, Uni Eropa Ancam Sanksi Turki

Sabtu, 29 Agustus 2020 10:04
Bersitegang dengan Yunani, Uni Eropa Ancam Sanksi Turki

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Uni Eropa mengancam akan memberikan sanksi baru kepada Turki jika ketegangan dengan Yunani dan Siprus tak mereda.

Hubungan Turki dan Yunani memang tengah memanas di Laut Medeiterania.

Advertisement

Diplomat tinggi Uni Eropa, Josep Borrell mengatakan pihaknya inginkan dialog serius dengan Turki. Namun, mereka tetap teguh mendukung negara anggota UE, Yunani dan Siprus dalam krisis ini, yang menimbulkan kekhawatiran kebuntuan militer.

Turki dan Yunani berselisih batas wilayah di Laut Mediterania, dekat Pulau Siprus. Dua negara juga berlomba mengadakan latihan militer di daerah sengketa.

Baca: 6 Polisi Tewas Saat Serangan Bom Bunuh Diri di Afganistan, Diketahui Ulah Taliban

Uni Eropa bermaksud membatasi Turki untuk mengeksplorasi gas alam di perairan yang diperebutkan, dengan membatasi individu, kapal, atau pelabuhan Eropa digunakan Turki.

“Kami dapat mengambil langkah-langkah, karena ekonomi Turki terkait dengan ekonomi Eropa, “kata Borrell dalam konferensi pers, merujuk pada kemungkinan sanksi untuk Turki, dikutip dari Aljazeera.

Uni Eropa menganggap kegiatan eksploasi Turki di Laut Mediterania adalah ilegal, dan secara penuh mendukung Yunani. (bpc4)