Lahirnya B.J. Habibie, Banyak yang Belum Tahu

Kamis, 25 Juni 2020 12:18
Lahirnya B.J. Habibie, Banyak yang Belum Tahu
BJ Habibie. (Foto : Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Lahirnya B.J. Habibie memang banyak yang belum tahu. Apalagi kaum milenial di tanah air.

Lahirnya B.J. Habibie pada 25 Juni 1936. Dia merupakan Presiden ketiga Indonesia pasca-lengsernya almarhum Soeharto yang diwarnai pergolakan reformasi 1998-1999.

Advertisement

Jabatannya digantikan almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terpilih sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil Pemilu 1999.

Dengan menjabat selama 2 bulan dan 7 hari sebagai wakil presiden, dan 1 tahun dan 5 bulan sebagai presiden, Habibie merupakan wakil presiden dan juga presiden dengan masa jabatan tersingkat, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.

Baca: Catatan Sejarah 28 Februari: Lahirnya King of Smash, Lim Swie King

Dari sekian banyak presiden Indonesia, B.J. Habibie merupakan satu-satunya Presiden yang berasal dari etnis Gorontalo, Sulawesi dari garis keturunan Ayahnya yang berasal dari  Kabila, Gorontalo dan etnis Jawa  dari ibunya yang berasal dari Yogyakarta.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menginisiasi dibangunnya Monumen B.J. Habibie di depan pintu gerbang utama Bandar Udara Djalaluddin, di Kabupaten Gorontalo.

Selain itu, masyarakat Provinsi Gorontalo pun sempat mengusulkan nama B.J. Habibie digunakan sebagai nama universitas negeri setempat, menggantikan nama Universitas Negeri Gorontalo yang masih digunakan. (bpc3)