Catatan Sejarah 24 Oktober: Untuk Perdamaian Dunia, Piagam PBB Mulai Berlaku

Sabtu, 24 Oktober 2020 05:00
Catatan Sejarah 24 Oktober: Untuk Perdamaian Dunia, Piagam PBB Mulai Berlaku

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah konstitusi yang menjadi dasar gerakan PBB. Piagam ini dirumuskan dan ditandatangani di San Fransisco, Amerika Serikat oleh 50 negara.

Kemudian, pada 24 Oktober 1945, lima negara pendiri PBB, seperti Prancis, Uni Soviet, Britania Raya, dan Republik Tiongkok meratifikasi Piagam PBB, dan diikuti mayoritas semua negara pendiri. Dengan demikian, sejak 24 Oktober 1945, Piagam PBB secara mulai berlaku dan PBB resmi didirikan.

Advertisement

Amerika Serikat sendiri baru meratifikasi Piagam PBB pada 8 Agustus 1945. Dengan demikian, Amerika Serikat menjadi negara pertama yang bergabung menjadi anggota PBB diluar 50 negara pendiri.

Seirimg berjalan waktu, PBB terus berkembang. Kini, PBB mempunyai lima organ utama, yaitu Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Sekretariat, dan Mahkamah Internasional.

BACA JUGA:  PBB Soal Palestina & Israel: Ini Hanya Melanggengkan Siklus Kematian

Baca: Legislator Demokrat Riau: Masyarakat Nilai Pemerintah Tidak Peduli Masalah Haji

Selain lima organ utama tersebut, PBB juga memiliki badan yang menangani masalah tertentu, seperti WHO untuk kesehatan dan UNICEF untuk permasalahan anak.

Pejabat tertinggi dalam PBB adalah Sekretaris Jenderal, yang saat ini dipegang oleh Antonio Gutteres dari Portugal. (bpc4)