Catatan Sejarah 16 April: Berdirinya Kopassus

Jumat, 16 April 2021 05:00
Catatan Sejarah 16 April: Berdirinya Kopassus

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tidak ada orang yang berkecimpung di dunia militer di dunia yang tidak mengenal Kopassus. Pasukan ini pernah dinobatkan sebagai pasukan khusus terbaik ketiga di dunia versi Discovery Channel.

Nama Kopassus mulai dikenal dunia saat terjadi pembajakan pesawat Garuda Woyla. Pesawat ini dibajak sesaat setelah transit di Palembang dengan tujuan Medan pada 28 Maret 1981, dan kemudian dibelokkan ke  Bangkok, Thailand.

Advertisement

Penyerbuan kilat oleh Kopassus berhasil membebaskan sandera dan mengakhiri drama pembajakan pesawat Woyla. Lima orang teroris tewas, sementara pasukan Indonesia kehilangan satu anggota, Ahmad Kirang. Kapten Pilot Herman Rante juga turut menjadi korban. Sejak saat itu, nama Kopassus mulai diperhitungkan sebagai pasukan khusus terbaik.

BACA JUGA:  Catatan Sejarah 16 April: Berdirinya Pasukan Baret Merah, Kopassus

Pendiri sekaligus komandan pertama Kopassus adalah seorang Belanda yang mualaf dan menjadi warga negara Indonesia. Dialah Rokus Bernardus Visser, yang kemudian berganti nama menjadi Mohammad Idjon Janbi.

Baca: Catatan Sejarah 29 November: Uang Pecahan Rp1000 Kapitan Pattimura Diluncurkan

Tahun 1952, Panglima Siliwangi, Kolonel Alexander Evert Kawilarang memanggil Idjon Janbi dan memberinya tugas berat, yaitu membentuk pasukan khusus yang terlatih dalam bertempur dengan jumlah kecil, serta serba bisa.

Tugas ini disanggupi Ijon Janbi. Maka, pada 16 April 1952, terbentuklah Kesatuan Komando (Kesko) Divisi Siliwangi. Inilah pasukan cikal bakal Kopassus saat ini, dilansir dari berbagai sumber. (bpc4)