Jokowi ‘Gaji’ Karyawan Swasta Berpenghasilan di Bawah Rp5 Juta, Ini Respon Syamsuar

Jumat, 07 Agustus 2020 16:48
Jokowi ‘Gaji’ Karyawan Swasta Berpenghasilan di Bawah Rp5 Juta, Ini Respon Syamsuar
Foto: Ilustrasi (Pixabay)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait rencana adanya bantuan kepada karyawan swasta dengan gaji di bawah Rp5 juta.

Kebijakan ini akan dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bentuk stimulus perekonomian masyarakat. “Kami masih menunggu arahan dari pemerintah pusat,” ujar Gubernur Riau Syamsuar, singkat, Jumat, 07 Agustus 2020.

Advertisement

Syamsuar mengatakan untuk sementara dirinya belum bisa berkomentar banyak terkait hal itu, karena memang landasan hukumnya tengah disusun dan disesuaikan. Secara prinsip, Riau akan ikut pada arahan pusat terhadap kebijakan pemulihan ekonomi nasional.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengucurkan bantuan kepada karyawan swasta berpenghasilan di bawah Rp5 juta. Bantuan ini diklaim sebagai salah satu upaya pemerintah untuk stimulus dalam rangka  pemulihan ekonomi nasional.

Baca: Catat,! Ini 3 Pesan Untuk Investor di Pasar Modal Saat Corona Merajalela

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan landasan hukum soal kebijakan ini masih dalam proses penyelesaian, dan diperkirakan sudah bisa diberlakukan pada September 2020 nanti.

“Program stimulus ini sedang difinalisasi agar bisa dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan di bulan September 2020 ini,” kata Erick mengutip CNBC Indonesia.

Erick menjelaskan terbitnya aturan ini sebagai salah satu cara pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Dengan bantuan ini, diharapkan sekaligus memacu daya beli masyarakat.

“Tujuan pemerintah menggelontorkan bantuan gaji tambahan ini adalah untuk mendorong konsumsi masyarakat. Hal ini penting untuk menggerakkan perekonomian dan mendorong pemulihan ekonomi,” ujar Erick. (bpc2)

 

Berita Terkini

Selasa, 29 September 2020 20:58

Pilkada di Riau dan Protokol Kesehatan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – KPU Riau memastikan protokoler kesehatan akan diterapkan saat hari pencoblosan 9 Desember 2020 nanti. Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto mengatakan KPU…

Selasa, 29 September 2020 16:26

Peradaban Islam di Spanyol

#SPANYOL

Selasa, 29 September 2020 15:10

Timnas U-19 akan Tetap Lanjutkan TC di Eropa

#TIMNAS

Selasa, 29 September 2020 13:38

Harga TBS Sawit di Riau Turun Tipis, Ini Daftar Harganya

#HARGATBS