UPB Gelar webinar Pentingnya Keamanan Jaringan dan Cloud Computing di Masa Pandemi

Selasa, 16 Juni 2020 16:28
UPB Gelar webinar Pentingnya Keamanan Jaringan dan Cloud Computing di Masa Pandemi

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Putera Batam (UPB) akan melakukan seminar nasional secara daring (online). Seminar ini merupakan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) UPB dengan STIKOM Muhammadiyah Batam No. MoU 020/MOU/UPB/V/2018 dan STISIP Persada Bunda Pekanbaru yang ditanda tangani pada tanggal 9 Mei 2018 dengan No. MoU 015/MOU/UPB/V/2018.

“Adapun tema seminar nasional yang kita adakan ini adalah “Peran Network Security dan Cloud Compuiting di Era Transformasi Digital”. Tujuannya yang pertama tentu dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya keamanan jaringan dan Cloud Computing di masa Pandemi Covid-19. kedua, untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan memotivasi mahasiswa agar selalu mengikuti perkembangan IT pada era Society 5.0,” ungkap Andi Maslan,ST,M,SI selaku ketua program studi Teknik Informatika kepada bertuahpos.com, Selasa (16/06/2020).

Advertisement

Dijelaskan Andi, bentuk kegiatan ini adalah seminar dengan 3 orang pemateri yang berkompeten dibidangnya seperti Ahmad Zulfan, S.Kom, M.Kom merupakan dosen dan Asessor LSP Digital TIK Kepulauan Riau. Kedua, Cosmas Eko Suharyanto, S.Kom, M.M.SI yang merupakan Dosen program studi Teknik Informatika Universitas Putera Batam. Dan yang ketiga Hari Jummaulana S.I.Kom M.I.Kom selaku Dosen STISIP Persada Bunda Pekanbaru yang juga seorang jurnalis media online di Bertuahpos.com. Pesertanya adalah semua mahasiswa yang ada di Universitas Putera Batam Kepulauan Riau. Seminar nasional ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Juni 2020 pukul 14.00 wib.

“Cloud Computing dan Cyber Security merupakan suatu kesatuan disiplin ilmu yang panting saat ini, karena semua pekerjaan dilakukan secara online dimana dan kapanpun. Dengan demikian seminar ini sangat penting untuk kalangan mahasiswa dan masyarakat. Betapa pentingnya keamanan jaringan,” kata Andi yang juga sebagai ketua pelaksana.

Baca: Kasus COVID-19 Masih Tinggi, Sekolah Pekanbaru Harus Tetap Belajar Online

Dengan adanya seminar ini, sambung Andi, tentunya sangat memberikan manfaat pentingnya menjaga data perusahaan atau data-data pribadi untuk dilindungi. Oleh karena itu diperlukan suatu pengetahuan bagi mahasiswa atau masyarakat untuk melindungi data diri dari berbagai serangan di dunia cyber. Karena saat ini banyak cara yang dilakukan oleh pelaku kejahatan untuk mencuri atau mengambil data-data salah satunya dengan menggunakan teknik sniffing packet data.(bpc7)