Riau Targetkan Setiap Desa Punya Perpustakaan

Selasa, 14 Juli 2020 10:11
Riau Targetkan Setiap Desa Punya Perpustakaan
Perpustakaan – Foto: Ilustrasi, Net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau menargetkan setiap daerah di Riau memiliki perpustakaan desa dalam rangka perbaikan inklusi serta meningkatkan minat baca masyarakat. “Minimal 1 desa punya 1 perpustakaan,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau Rahima Erna.

Dia yakin upaya ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap tingkat inovatif sehingga dengan sendirinya menunjang kesejahteraan masyarakat, sehingga fungsi perpustakaan sebagai transportasi inklusi sosial berjalan.

Mau tidak mau, kata dia, upaya untuk meningkatkan literasi terhadap masyarakat Riau harus dilakukan. Diharapkan terget ini berpengaruh terhadap tujuan itu. Dia mengakui bahwa hal ini memang menjadi tugas yang besar mengingat di Riau terdapat 1.582 desa dan kelurahan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni menjadikan terget ini masuk dalam terget kerja Pemda setempat di 12 kabupaten/kota. Pemprov Riau secara resmi telah mengirimkan surat kepada Pemda agar terget ini bisa tercapai. Selain itu juga perlu dilakukan upaya pendekatan agar daerah paham bahwa masalah ini penting untuk dilakukan. “Sementara ini sudah ada yang jalan,” jelasnya.

Baca: Jajang A Rohmana: Snouck Hugronje Itu Ilmuwan, Bukan Penakluk Aceh

Data dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Riau, dari 1.582 desa dan kelurahan di Riau baru 518 yang memiliki perpustakaan. Indikatornya, ialah terwujudnya desa mandiri, ketika perpustakaan tidak terbentuk di desa tersebut maka tidak mungkin status desanya desa mandiri. (bpc2)