Riau Belum Ambil Keputusan Soal Rencana Sekolah Tatap Muka, Masih Dikaji

Senin, 16 November 2020 14:58
Riau Belum Ambil Keputusan Soal Rencana Sekolah Tatap Muka, Masih Dikaji
Ilustrasi, net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau hingga kini belum ambil keputusan terkait rencana sekolah tatap muka. Meskipun saat ini kasus penyebaran Covid-19 di Riau sudah tidak seperti dulu.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram mengatakan, pemerintah masih akan melakukan kajian terhadap rencana pemberlakukan sekolah tatap muka. Menurutnya, di tengah kondisi seperti ini segala aspek wajib menjadi bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan itu.

Advertisement

“Masih mengkaji dan mempelajari untuk dimulainya sekolah langsung tatap muka, untuk tingkat SMA/SMK sederajat di Provinsi Riau. Walaupun dari Pemko Pekanbaru, telah memulai tahapan belajar tatap muka untuk tingkat SMP sederajat, walaupun Kota Pekanbaru masih masuk zona orange,” ungkapnya, Senin, 16 November 2020 di Pekanbaru.

“Kita belum ada membuka sekolah untuk tatap muka langsung. Tapi kita sudah memulai melakukan kajian, baik dari sekolah, maupun dengan tim gugus tugas. Kita juga masih menunggu arahan Gubernur untuk menjalankan sekolah tatap muka,” katanya.

Baca: Reaksi Sultan Siak Mendengar Proklamasi Indonesia

Dijelaskan Zul Ikram, saat ini beberapa daerah sudah mulai memasuki zona orange, kuning dan hijau. Sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan, zona yang boleh membuka kegiatan belajar mengajar seperti normal, yakni zona yang masuk zona hijau, dan kuning. Sedangkan di Riau yang zona hijau hanya meranti, dan selebihnya daerah lainnya seperti Pekanbaru, masih orange, termasuk, Kampar, Siak, Dumai. Dan Kabupaten Bengkalis masih merah.

“Jadi di daerah Riau masih banyak yang orange. Kita ingin dalam proses pembelajaran nanti berlangsung aman di masa pandemi covid-19 ini. Sistem belajar seperti biasa akan diujicobakan bila keadaan betul-betul dipandang aman. Bahkan harus dipastikan juga para siswa berangkat, selama di sekolah, hingga pulang tetap aman dari potensi terpapar Covid-19,” katanya.

Dalam kajiannya, hal yang harus dipertimbangkan ketika pembelajaran secara tatap muka akan diberlakukan. Seperti kesiapan sarana dan prasarana dalam mendukung untuk penerapan protokol kesehatan. (bpc2)

 

Berita Terkini

Kamis, 26 November 2020 17:30

UAS Loaunching SPBU Bersama YTWU

#uas #ytwu #spbu

Kamis, 26 November 2020 16:45

Rektor Unram Lepas Ribuan Mahasiswa KKN BMKM secara Daring 

#kkn #mataram #univeristasmataram

Kamis, 26 November 2020 16:31

Ditangkap KPK, Apa yang Disebut Edhy Terkait Jokowi?

#menterikkp #edhy #korupsi #benihlobster #kpk

Kamis, 26 November 2020 15:45

Wapres Sebut Peluang Angkat Produk Halal Masih Besar di Tengah Pandemi

#produkhalal #wapres #peluangeknomi

Kamis, 26 November 2020 15:31

Kadis PUPR PKPP Riau Sebut 4 Titik Perbaikan Jalan Berlobang di Pekanbaru Tinggal Pengaspalan

#jalanrusak #perbaikanjalan #pekanbaru #riau

Kamis, 26 November 2020 13:45

HBO Max dan Netflix ‘Berebut’ Tayangkan Godzilla vs Kong

#godzilla #kong #netflix #hbo

Kamis, 26 November 2020 13:31

Sudah 19 Ribu Lebih Warga Riau Terkonfirmasi Covid-19, Total Kasus Meninggal

#terkonfirmasi #covid #corona #riau